Diduga Korban Rasisme, 3 Pengusaha China Dibunuh dan Dibakar di Zambia

Minggu, 07 Juni 2020 - 20:43 WIB
loading...
A A A
Menurut Eric Shen, pengusaha Lusaka yang merupakan pemimpin upacara, pekerja tekstil Zambia mengatakan beberapa patah kata, yang kemudian sambutan kolega ekspatriat China.

Menurut para teman, Cao dan suaminya telah berada di Zambia selama sekitar 20 tahun dan dari gudang mereka mereka menjual tekstil, tempat tidur dan pakaian yang mereka impor dari Nantong, daerah asal mereka, China, yang terkenal dengan produksi tekstilnya.

Duta Besar Zambia untuk China Winnie N. Chibesakunda mengatakan kepada tabloid yang dikelola pemerintah The Global Times bahwa Zambia akan memperkuat langkah-langkah untuk melindungi kehidupan orang-orang China yang tinggal di negara itu. Pada Oktober 2015, tiga orang China terbunuh dalam perampokan di Kitwe, dan pada November 2017, seorang warga negara China meninggal dalam perampokan bersenjata di sabuk tembaga.

"Pemerintah Republik Zambia telah meluncurkan penyelidikan untuk membawa para pelaku tindakan mengerikan ini ke pengadilan dan akan berusaha untuk terus memperkuat langkah-langkah untuk melindungi kehidupan orang-orang China yang tinggal di Zambia," katanya.

Pihak berwenang Zambia telah menangkap dua pria dan seorang wanita yang diduga melakukan pembunuhan.

Juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian mengatakan pembunuhan itu adalah kasus yang terpisah. "Yang tidak akan memengaruhi arus utama kerja sama persahabatan antara China dan Zambia," katanya.

Shen, pengusaha yang berbasis di Lusaka, menyimpulkan; "Kegiatan kriminal semacam ini dapat terjadi di mana saja, di mana saja, kapan saja di dunia." Dia mengatakan komunitas China berusaha untuk tidak menghubungkan pembunuhan dengan kebangkitan sentimen anti-China di tempat di mana banyak orang memilih untuk pulang.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1243 seconds (0.1#10.140)