Lukashenko Minta Rusia Kerahkan Senjata Nuklir ke Belarusia

Rabu, 01 Desember 2021 - 02:12 WIB
loading...
Lukashenko Minta Rusia Kerahkan Senjata Nuklir ke Belarusia
Presiden Belarusia Alexander Lukashenko. Foto/Russia Today
A A A
MINSK - Pemimpin Belarusia , Alexander Lukashenko , mengatakan Rusia harus mengerahkan hulu ledak nuklir di dalam perbatasan negaranya jika senjata nuklir NATO maju ke timur melalui Polandia . Hal itu diungkapkannya di tengah perselisihan dengan Barat.

Berbicara dalam sebuah wawancara dengan RIA Novosti, Lukashenko mengancam akan meningkatkan jumlah perangkat keras mematikan di perbatasan jika nuklir buatan Amerika Serikat (AS) dipindahkan lebih jauh ke Eropa Timur.

“Saya akan menyarankan agar (Presiden Rusia Vladimir) Putin mengembalikan senjata nuklir ke Belarus,” ujarnya seperti dilansir dari Russia Today, Rabu (1/12/2021).

Menurutnya, pemulihan penangkal nuklir era Soviet atas wilayah tersebut menggunakan persenjataan nuklir akan menjadi yang paling efektif dalam kasus seperti itu.



“Saya tidak mengatakan ini tanpa alasan,” ujarnya. “Kami siap untuk ini di wilayah Belarus,” ucapnya.

Bagaimanapun Lukashenko tidak merinci jenis sistem yang ingin digunakan, dan mengklaim bahwa ini akan "disepakati" oleh kedua belah pihak.

Pernyataan mengejutkan dari pemimpin Belarusia ini datang setelah kepala NATO, Jens Stoltenberg, menyatakan keprihatinan awal bulan ini bahwa pemerintah baru Jerman dapat menolak untuk membeli armada pesawat baru yang mampu meluncurkan senjata nuklir begitu Kanselir Angela Merkel meninggalkan posnya.

"Nuklir NATO memberikan sekutu Eropa dengan payung nuklir yang efektif. Ini, tentu saja, juga termasuk Sekutu timur kita dan mereka merupakan sinyal penting persatuan Sekutu melawan musuh bersenjata nuklir,” ucapnya.

Kepala blok militer pimpinan AS itu mengatakan bahwa rencana pengiriman persenjataan diperlukan karena dugaan ancaman yang ditimbulkan oleh Rusia.



Proposal Stoltenberg memicu kemarahan di Kremlin, dengan Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Alexander Grushko menyatakan bahwa pernyataan kepala NATO mengancam perjanjian damai yang ditandatangani antara kedua pihak. The Founding Act on Mutual Relations, Cooperation and Security, ditandatangani antara Rusia dan blok pimpinan AS itu pada Mei 1997. Berdasarkan perjanjian tersebut, Moskow dan NATO tidak menganggap satu sama lain sebagai lawan. Dokumen tersebut secara terpisah berjanji untuk tidak menempatkan senjata nuklir di wilayah anggota baru blok tersebut sejak tanggal tersebut dan seterusnya.

Potensi penyebaran hulu ledak nuklir oleh blok militer itu lebih dekat ke Rusia telah lama menjadi titik pertikaian dalam hubungan antara kedua kekuatan. Tahun lalu, wakil menteri luar negeri Rusia, Sergey Ryabkov, mengatakan bahwa Moskow berharap AS akan berhenti 'berbagi' senjata nuklir dengan sekutunya.

Belarusia telah terkunci dalam pertikaian yang memburuk dengan negara tetangganya Polandia dalam beberapa pekan terakhir di tengah peningkatan tajam dalam jumlah migran yang berusaha melintasi perbatasan. Uni Eropa menuduh Minsk telah menerbang migran dari negara-negara bermasalah seperti Irak dan Suriah, sebelum memaksa orang-orang yang putus asa itu untuk menyerang pagar perbatasan dalam upaya untuk menekan blok tersebut atas sanksi terhadap negara tersebut.

Berbicara awal bulan ini, Lukashenko mengakui ada kemungkinan beberapa pejabatnya telah membantu calon pencari suaka untuk menyeberang, tetapi mengatakan itu tidak layak untuk dilihat. Sebaliknya Minsk menuduh Uni Eropa mendalangi "perang hibrida" dengan menjamu tokoh-tokoh oposisi di pengasingan dan outlet media yang dilarang di Belarusia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1917 seconds (0.1#10.140)