AS Coret FARC Kolombia dari Organisasi Teroris

Rabu, 01 Desember 2021 - 01:47 WIB
loading...
AS Coret FARC Kolombia dari Organisasi Teroris
AS coret kelompok FARC Kolombia dari organisasi teroris asing. Foto/YouTube
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) mencoret kelompok Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia , FARC, sebagai organisasi teroris asing. Pencoretan FARC dari organisasi teroris dilakukan lima tahun setelah mencapai kesepakatan damai dengan pemerintah Kolombia.

Perjanjian damai 2016 mengakhiri peran FARC dalam konflik bersenjata internal negara Andes itu yang telah berlangsung puluhan tahun, yang telah menyebabkan jutaan orang kehilangan tempat tinggal dan lebih dari 260 ribu orang tewas.

"Kelompok itu tidak lagi ada sebagai organisasi terpadu yang terlibat dalam terorisme," kata Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Reuters, Rabu (1/12/2021).

Namun Blinken menambahkan bahwa dua kelompok pembangkang yang terbentuk dari FARC, La Segunda Marquetalia dan FARC-EP atau Tentara Rakyat, telah ditetapkan sebagai organisasi teroris asing.



"Penunjukan FARC-EP dan Segunda Marquetalia ditujukan kepada mereka yang menolak untuk melakukan demobilisasi dan mereka yang terlibat dalam aktivitas teroris," kata Blinken.

Ia juga mengatakan AS juga menunjuk para pemimpin organisasi-organisasi itu sebagai teroris global yang ditunjuk secara khusus.

"Keputusan untuk mencabut penunjukan itu tidak mengubah sikap sehubungan dengan tuduhan atau potensi tuduhan di Amerika Serikat terhadap mantan pemimpin FARC, termasuk untuk perdagangan narkotika," kata Blinken.

Dikatakan oleh Blinken menghapus sebutan teroris akan memudahkan AS untuk mendukung pelaksanaan kesepakatan damai.



Keputusan itu akan memungkinkan lembaga pemerintah AS seperti Badan Pembangunan Internasional untuk bekerja pada implementasi perdamaian di beberapa bagian Kolombia di mana tentara FARC yang didemobilisasi berada.

Tindakan AS tersebut disambut baik oleh pemerintah Kolombia.

"Ini adalah keputusan yang selanjutnya memfasilitasi dukungan yang kami terima dari pemerintah Amerika Serikat di semua lini implementasi," kata Emilio Archila, pejabat Kolombia yang ditugasi melaksanakan kesepakatan damai tersebut.

Di sisi lain, dia menyalahkan Segunda Marquetalia atas beberapa pembunuhan yang ditargetkan terhadap mantan pemberontak.

Didirikan pada tahun 1964, FARC bertanggung jawab atas eksekusi singkat dan penculikan ribuan orang, termasuk warga Amerika.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1764 seconds (0.1#10.140)