Ratusan Pasien Rumah Sakit di Skotlandia Terjangkit Covid-19

Minggu, 07 Juni 2020 - 09:44 WIB
loading...
Ratusan Pasien Rumah Sakit di Skotlandia Terjangkit Covid-19
Ratusan pasien rumah sakit di Skotlandia terjangkit Covid-19. Foto/Ilustrasi
A A A
EDINBURGH - Pemerintah Skotlandia mengkonfirmasi bahwa ratusan pasien yang tengah dirawat di sebuah rumah sakit terjangkit virus Corona baru, Covid-19.

Pada hari Kamis, Menteri Kesehatan Jeane Freeman mengatakan ada 125 "insiden" yang diduga penularan Covid-19 di rumah sakit.

Tetapi surat kabar the Herald melaporkan angka yang jauh lebih tinggi setelah meminta informasi dari pemerintah. Sebanyak 908 pasien diketahui telah terinfeksi dan 218 dari mereka meninggal.

Tidak diketahui apakah mereka terjangkit virus mematikan itu rumah sakit, atau di komunitas mereka sebelum dirawat.

Meski begitu Pemerintah Skotlandia bersikeras telah transparan tetapi mengatakan mereka perlu untuk memvalidasi angka-angka tersebut sebelum dirilis.

Partai-partai oposisi mengatakan mereka ingin tahu apakah ada di antara pasien telah dibebaskan ke rumah perawatan setelah dirawat di rumah sakit.

Partai Buruh Skotlandia telah meminta penyelidikan independen terhadap apa yang disebutnya tingkat infeksi "sangat mengejutkan" di rumah sakit dan "kurangnya keterbukaan" dari pemerintah.

Juru bicara Kesehatan Monica Lennon mengatakan "skandal" skala infeksi yang menyebar melalui rumah sakit harus "diseret" dari pemerintah.

"Wabah ini bertepatan dengan orang tua yang dikeluarkan dari rumah sakit ke rumah perawatan," katanya.

"Diperlukan penyelidikan independen yang mendesak. Kita perlu tahu berapa banyak pasien yang terinfeksi dalam wabah rumah sakit ini yang dipindahkan ke rumah perawatan, dengan terburu-buru untuk mengosongkan rumah sakit, dan apakah ada di antara mereka yang meninggal karena infeksi," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Minggu (7/6/2020).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1140 seconds (0.1#10.140)