Raja Faisal, Penguasa Arab Saudi Pembela Palestina yang Tewas Ditembak Mati

Senin, 22 November 2021 - 15:15 WIB
loading...
Raja Faisal, Penguasa Arab Saudi Pembela Palestina yang Tewas Ditembak Mati
Raja Arab Saudi Faisal bin Abdul Aziz bin Abdurrahman as-Saud. Foto/royal families
A A A
RIYADH - Raja Faisal bin Abdul Aziz bin Abdurrahman as-Saud adalah raja ketiga yang memerintah kerajaan Arab Saudi . Dia tewas karena dibunuh keponakannya sendiri, Pangeran Faisal bin Mussaid.

Kejadian ini terjadi lebih dari 40 tahun lalu, tepatnya pada 25 Maret 1975. Raja Faisal sendiri merupakan putra dari pendiri kerajaan Arab Saudi, Abdul Aziz.

Sang raja dikenal sebagai sosok yang pandai bicara. Meski dikenal sebagai pribadi yang tidak banyak bicara, ia dianggap memiliki kemampuan memimpin sebuah negara.

Baca juga: Video Viral! Netizen Terkejut Melihat Gajah Memanjat Pagar Besi

Pengaruhnya pun sangat besar. Sebab, dialah tokoh penting yang mereformasi dunia pendidikan di Arab Saudi serta menghapus perbudakan, sehingga membawa negara ini lebih maju dan modern dari sebelumnya.

Mengutip history.com, Raja Faisal bertempur dalam kampanye militer pada 1920-an dan 1930-an yang selanjutnya membantu proses modernisasi Arab Saudi.



Sebelum diangkat menjadi raja, ia juga pernah menjabat sebagai duta besar Arab Saudi untuk Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

Pada 1953, ia dilantik sebagai perdana menter. Sebelas tahun kemudian, tepatnya tahun 1964, ia menggantikan Raja Saud sebagai penguasa Arab Saudi.

Raja Faisal juga dikenal karena ketegasannya menolak dukungan terhadap Amerika Serikat (AS) atas keputusan negara tersebut membela Israel dalam menjajah wilayah Palestina.
Halaman :
Mungkin Anda Suka
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1476 seconds (10.55#12.26)