Wanita Ini Jadi Orang Kedua di Dunia Sembuh dari HIV/AIDS Tanpa Obat-obatan

Selasa, 16 November 2021 - 20:14 WIB
loading...
A A A
Penelitian ini mengkonfirmasikan penemuan yang pertama kali diumumkan pada Maret pada pertemuan internasional para ahli HIV.

Tidak ada informasi tambahan tentang wanita itu yang dipublikasikan, tetapi dia digambarkan pada saat itu sebagai "atletis dan cantik" serta terungkap memiliki pacar HIV-negatif dan bayi yang baru lahir.

Hanya satu orang lainnya, yang diidentifikasi pada Agustus 2020 sebagai Loreen Willenberg, umur 67 tahun dari San Francisco, yang dipastikan telah mengalahkan virus HIV tanpa intervensi medis.

Kedua wanita tersebut telah diberi label “pengendali elit”, mengacu pada sebagian kecil pasien HIV yang tidak menunjukkan tanda-tanda infeksi meskipun tidak menjalani pengobatan antiretroviral.

Biasanya, orang yang terinfeksi HIV memerlukan terapi obat yang konstan untuk mencegah virus menempel pada DNA sel kekebalan mereka dan bereplikasi.

Namun, dalam delapan tahun sejak didiagnosis, pasien Esperanza hanya menerima pengobatan selama enam bulan selama kehamilan untuk memastikan bayinya sehat.

Secara keseluruhan, ada empat pasien yang sembuh dari HIV, dua di antaranya “pasien Berlin” Timothy Ray Brown dan “pasien London” Adam Castillejo yang juga pasien kanker yang menerima transplantasi sumsum tulang berisiko dari donor dengan gen yang resistan terhadap HIV.

Namun, keberhasilan prosedur mereka belum direplikasi.

“Ini benar-benar keajaiban sistem kekebalan manusia yang melakukannya,” ujar Dr Xu Yu, ahli imunologi di Ragon Institute di Boston, yang ikut menulis penelitian tersebut, pada NBC.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1728 seconds (0.1#10.140)