Menlu UEA Bertemu dengan Assad, AS Naik Darah

Rabu, 10 November 2021 - 15:36 WIB
loading...
A A A
UEA memutuskan hubungan ketika rezim Suriah meninda aksi protes nasional yang menuntut perubahan rezim meningkat menjadi perang yang menghancurkan dan telah menewaskan hampir setengah juta orang.



Rezim Assad mendapat dukung dari pesaing regional negara Teluk Iran, tetapi pada Desember 2018 UEA membuka kembali kedutaannya di Damaskus, menunjukkan upaya untuk membawa pemerintah Suriah kembali ke wilayah Arab.

Langkah itu diikuti oleh seruan UEA pada Maret tahun ini agar Suriah kembali ke Liga Arab -- yang telah menjadi pendukung utama penangguhannya pada November 2011.

Damaskus sedang berjuang untuk mendapatkan bantuan internasional, yaitu dari tetangga regional Arab yang kaya minyak yang mendukung oposisi pada hari-hari awal perang.

Bulan lalu, kementerian ekonomi UEA mengatakan setuju dengan Suriah pada rencana masa depan untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan mengeksplorasi sektor baru.

Sebuah pernyataan kementerian mengatakan UEA adalah mitra dagang global Suriah yang paling menonjol, dengan pangsa pasar 14 persen dari perdagangan luar negeri Suriah.



Juga bulan lalu, Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohammed bin Zayed al-Nahyan - penguasa de facto UEA - membahas perkembangan di Suriah dengan Assad dalam pembicaraan kedua antara kedua pemimpin sejak Maret tahun lalu.

UEA bukan satu-satunya negara Arab yang bergerak lebih dekat dengan pemerintah Assad.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1784 seconds (0.1#10.140)