Nasib Sial Terus Menimpa Mantan Raja Spanyol Juan Carlos yang Tiduri 5.000 Wanita

Rabu, 10 November 2021 - 13:37 WIB
loading...
A A A
Pengumuman itu muncul beberapa jam setelah surat kabar online ElDiario.es memberitakan, “Jaksa anti-korupsi sedang menyelidiki Juan Carlos, istrinya Sofia dan anggota keluarga kerajaan lainnya atas penggunaan kartu kredit yang terkait rekening yang tidak atas nama mereka.”

“Transaksi yang sedang diselidiki terjadi antara 2016 dan 2018, setelah Juan Carlos kehilangan kekebalannya,” papar laporan Eldiario.es.

Dia turun tahta setelah serangkaian skandal merusak yang memuncak dalam perjalanan berburu gajah yang kontroversial ke Botswana. Saat itu Spanyol hancur oleh dampak krisis keuangan 2008.

Tapi berbagai skandal itu menolak untuk mereda. Felipe mencabut gaji tahunan Juan Carlos pada Maret dan melepaskan warisan pribadinya dari ayahnya setelah laporan bahwa dia akan menerima jutaan euro dari dana luar negeri rahasia yang memiliki hubungan dengan Arab Saudi.

Jaksa Agung Mahkamah Agung mengatakan tiga bulan kemudian bahwa, “Penyelidikan telah dibuka untuk tahap kedua pembangunan jalur kereta api berkecepatan tinggi untuk menghubungkan kota-kota Madinah dan Mekah dan dimaksudkan untuk mendefinisikan atau membuang relevansi kriminal dari peristiwa yang terjadi setelah Juni 2014,” saat kekebalan hukum Juan Carlos hilang.

Jaksa di Swiss juga sedang menyelidiki sejumlah akun mantan raja dan rekannya yang ditahan di negara itu.

Diduga dalam dokumen dari jaksa Swiss bahwa, “Juan Carlos menerima ‘sumbangan’ USD100 juta dari raja Arab Saudi yang dia masukkan ke dalam rekening luar negeri pada 2008. Dia diduga memberikan 65 juta euro dari rekening itu kepada mantan kekasihnya, Corinna Larsen, empat tahun kemudian.”

Situs web El Confidencial Spanyol melaporkan pada Juli bahwa, “Juan Carlos telah menarik 100.000 euro sebulan dari rekening antara 2008 dan 2012, dan menggunakan uang itu untuk membayar sebagian pengeluaran keluarga kerajaan.”

Juan Carlos mengatakan dia tidak pernah memberi tahu putranya bahwa dia akan mendapat manfaat dari dua dana luar negeri, tetapi dia tidak memberikan komentar lebih lanjut tentang tuduhan tersebut.

Dia mengumumkan pada Agustus bahwa dia akan pergi ke pengasingan untuk melindungi putranya dari rasa malu lebih lanjut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1166 seconds (0.1#10.140)