Orang Terkaya Didesak Membayar untuk Bantu Orang Termiskin di Dunia

Rabu, 10 November 2021 - 10:38 WIB
loading...
Orang Terkaya Didesak Membayar untuk Bantu Orang Termiskin di Dunia
Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador. Foto/REUTERS
A A A
NEW YORK CITY - Presiden Meksiko Andres Manuel Lopez Obrador memperingatkan dunia sedang meluncur dari "peradaban ke kebiadaban".

Dia menyeru seribu orang terkaya, seribu perusahaan swasta terbesar dan 20 ekonomi utama untuk meningkatkan kehidupan bagi 750 juta orang yang sekarang hidup dengan kurang dari USD2 per hari.

Andres Manuel Lopez Obrador mengatakan kepada Dewan Keamanan PBB bahwa proposal ini dapat menghasilkan sekitar USD1 triliun per tahun.



“Dana itu harus langsung diberikan kepada orang-orang termiskin di dunia tanpa perantara, melalui kartu atau dompet elektronik yang dipersonalisasi,” ungkap dia pada Selasa (9/11/2021).



Dalam pidato pedasnya di hadapan badan paling berkuasa di PBB, pemimpin Meksiko itu dengan tajam mengkritik negara-negara di dunia karena tidak menangani korupsi dalam segala bentuknya, baik politik, moral, ekonomi, hukum, fiskal, dan keuangan yang ia sebut sebagai “masalah utama planet ini.”



Lopez Obrador hanya dalam perjalanan luar negeri keduanya sejak menjabat pada Desember 2018. Dia memimpin sementara Dewan Keamanan PBB, di mana Meksiko menjalani masa jabatan dua tahun dan memegang kursi kepresidenan bulan ini.

Negara tersebut memilih topik pertemuan pada Selasa yakni “Pemeliharaan Perdamaian dan Keamanan Internasional: Pengecualian, Ketimpangan dan Konflik.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1908 seconds (0.1#10.140)