Khamenei: Warga AS Berhak Malu atas Tindakan Pemerintahnya

Kamis, 04 Juni 2020 - 20:27 WIB
loading...
Khamenei: Warga AS Berhak Malu atas Tindakan Pemerintahnya
Khamenei mengatakan, pemerintah AS telah berlaku semena-semana terhadap warganya, dalam pernyataan terbaru terkait dengan aksi demonstrasi mengecam kematian George Floyd. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Pemimpin Tertinggi Iran, Ayatollah Ali Khamenei mengatakan, pemerintah Amerika Serikat (AS) telah berlaku semena-semana terhadap warganya, dalam pernyataan terbaru terkait dengan aksi demonstrasi mengecam kematian George Floyd. Khamenei menyebut warga AS berhak malu atas apa yang telah dilakukan pemerintahnya.

"Dalam berurusan dengan orang-orangnya, pemerintah AS telah berperilaku dengan sangat buruk. Orang-orang AS memiliki hak untuk merasa malu oleh pemerintah mereka, terutama yang sekarang," kata Khamenei dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Kamis (4/6/2020).

Sebelumnya, Khamenei menyatakan pembunuhan Floyd saat penangkapan oleh polisi ungkap sifat asli para penguasa AS.

“Kejahatan yang dilakukan terhadap pria kulit putih ini sama dengan yang pemerintah AS lakukan terhadap seluruh dunia. Ini sifat asli pemerintah AS dan karakter yang terungkap hari ini,” ujar Khamenei.

Kota-kota di AS dilanda unjuk rasa yang beberapa menjadi kerusuhan, sejak Floyd tewas setelah dicekik dengan lutut polisi kulit putih di Minneapolis pekan lalu. Polisi itu telah dipecat dan didakwa melakukan pembunuhan.

Pernyataan Khamenei itu sendiri muncul saat ketegangan meningkat antara Iran dan AS. Hubungan keduanya memburuk sejak keputusan Presiden AS Donald Trump pada 2018 untuk mengeluarkan AS dari kesepakatan nuklir antara Iran dan kekuatan dunia
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1384 seconds (0.1#10.140)