Tsar Bomba Rusia, Bom Nuklir Terbesar Sejagat yang Bikin AS Keder

Senin, 01 November 2021 - 10:17 WIB
loading...
A A A
Andrew Cohen, penulis “Two Days in June: John F. Kennedy and the 48 Hours That Made History", mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Dr Wellerstein mengungkapkan sebuah kisah yang tak terhitung yang menakutkan, serius, dan mencerahkan.

Buku Cohen menjabarkan poros presiden tahun 1963 untuk diplomasi yang membantu membuat perjanjian senjata yang inovatif menjadi mungkin. Dia menambahkan bahwa pengungkapan non-respons yang diperhitungkan Kennedy terhadap keributan yang memaksa menunjukkan kebencian yang mendalam terhadap senjata nuklir.

Daya ledak perangkat Soviet—dijuluki Tsar Bomba, atau Bom Tsar, dan diluncurkan pada 30 Oktober 1961—adalah 50 megaton atau sama dengan 50 juta ton bahan peledak konvensional.

Tahun lalu, badan energi nuklir Rusia, Rosatom, merilis video dokumenter rahasia berdurasi 30 menit yang menunjukkan persiapan dan peledakan mega-senjata itu. Kilatan yang menyilaukan dan awan jamur yang bergolak mengisyaratkan kekuatan raksasanya.
Radioaktivitasnya melesat ke stratosfer dan mengelilingi dunia selama bertahun-tahun.

Dalam studinya, yang diterbitkan pada hari Jumat di Buletin Ilmuwan Atom, Dr Wellerstein menunjukkan bahwa Soviet bukan satu-satunya kekuatan nuklir yang memikirkan bahan peledak yang menakjubkan; Amerika Serikat telah lama bersiap secara rahasia untuk menempuh jalan yang sama.

Edward Teller, seorang arsitek bom hidrogen, mengatakan kepada Komisi Energi Atom pada tahun 1954 bahwa pekerjaan sedang dilakukan pada dua bom super, satu 1.000 megaton dan lainnya 10.000 megaton.

Menurut definisi, rencana Amerika untuk senjata yang tidak terpikirkan berfokus pada bom hidrogen, yang pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II muncul pada tingkat sekitar 1.000 kali lebih merusak daripada senjata nuklir yang dijatuhkan di Jepang.
Wellerstein mengutip Edward Teller, arsitek utama bom hidrogen, yang mengumumkan pada pertemuan Komisi Energi Atom tahun 1954 bahwa laboratoriumnya sedang mengerjakan dua desain bom super.

Satu akan menjadi bom 1.000 megaton—atau 20 kali lebih kuat dari pengocok planet yang akan diledakkan oleh Soviet pada tahun 1961. Yang lainnya akan menjadi 10.000 megaton, atau 200 kali lebih merusak.

"Para ilmuwan di pertemuan rahasia itu “terkejut” dengan proposalnya,” tulis Dr Wellerstein, mengutip catatan resmi.

“Kesaksian Teller sebagian besar masih dirahasiakan hingga hari ini,” imbuh dia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)