Tsar Bomba Rusia, Bom Nuklir Terbesar Sejagat yang Bikin AS Keder

Senin, 01 November 2021 - 10:17 WIB
loading...
Tsar Bomba Rusia, Bom Nuklir Terbesar Sejagat yang Bikin AS Keder
Tsar Bomba, bom nuklir terbesar sejagat yang diledakkan Uni Soviet atau Rusia pada 30 Oktober 1961. Bom inilah yang memaksa AS merintis perjanjian pengendalian senjata dengan Soviet. Foto/National Interest
A A A
WASHINGTON - Sabtu (30/10/2021) adalah tepat 60 tahun Uni Soviet—sekarang bernama Rusia —meledakkan Tsar Bomba , bom nuklir terkuat sejagat. Bom mengerikan inilah yang membuat presiden Amerika Serikat (AS) saat itu, John Fitgerald Kennedy, keder sehingga merintis perjanjian pengendalian senjata kedua negara.

Tsar Bomba diledakkan di kepulauan Novaya Zemlya pada tahun 1961.

Kekuatan bom ini 3.333 kali lipat dari bom nuklir AS yang dijatuhkan di Hiroshima. Bisa dibayangkan betapa mengerikannya jika Tsar Bomba digunakan Rusia dalam perang.



Mengutip New York Times, Minggu (31/10/2021), bom nuklir terbesar di dunia itu telah mengirimkan gelombang kejut melalui lembaga pertahanan Amerika tentang bagaimana seharusnya Amerika Serikat merespons? Apakah Amerika membutuhkan senjata yang lebih besar dan lebih merusak? Apakah bijaksana untuk tidak melakukan apa-apa? Apa cara terbaik untuk melindungi Amerika dari gejolak mematikan dari musuh yang berperang?

Pembuat kebijakan Amerika sekarang menghadapi pertanyaan serupa ketika para pesaing yang berani mengejar sistem pengiriman baru untuk senjata nuklir mereka. Sebuah studi baru, berdasarkan dokumen yang baru-baru ini dideklasifikasi, menawarkan wawasan tentang bagaimana presiden sebelumnya menyelesaikan dilema yang sebanding.

Laporan tersebut menunjukkan bahwa debat rahasia tentang apa yang harus dilakukan tentang ledakan bom nuklir Soviet yang belum pernah terjadi sebelumnya telah diakhiri oleh Presiden John F. Kennedy.

Terungkap bahwa Kennedy saat itu memilih tidak hanya untuk mengabaikan seruan militer untuk senjata yang lebih mematikan, tetapi juga untuk mensponsori dan menandatangani perjanjian Timur-Barat yang melarang lebih banyak senjata super.

“Itu berjalan sampai ke puncak,” kata Alex Wellerstein, seorang sejarawan nuklir di Stevens Institute of Technology di Hoboken, New Jersey, dan penulis studi tersebut, mengatakan dalam sebuah wawancara.

"Jelas bahwa Kennedy berada di pagar. Tapi dia memutuskan untuk tidak pergi ke arah bom.”

Andrew Cohen, penulis “Two Days in June: John F. Kennedy and the 48 Hours That Made History", mengatakan dalam sebuah wawancara bahwa Dr Wellerstein mengungkapkan sebuah kisah yang tak terhitung yang menakutkan, serius, dan mencerahkan.

Buku Cohen menjabarkan poros presiden tahun 1963 untuk diplomasi yang membantu membuat perjanjian senjata yang inovatif menjadi mungkin. Dia menambahkan bahwa pengungkapan non-respons yang diperhitungkan Kennedy terhadap keributan yang memaksa menunjukkan kebencian yang mendalam terhadap senjata nuklir.

Daya ledak perangkat Soviet—dijuluki Tsar Bomba, atau Bom Tsar, dan diluncurkan pada 30 Oktober 1961—adalah 50 megaton atau sama dengan 50 juta ton bahan peledak konvensional.

Tahun lalu, badan energi nuklir Rusia, Rosatom, merilis video dokumenter rahasia berdurasi 30 menit yang menunjukkan persiapan dan peledakan mega-senjata itu. Kilatan yang menyilaukan dan awan jamur yang bergolak mengisyaratkan kekuatan raksasanya.
Radioaktivitasnya melesat ke stratosfer dan mengelilingi dunia selama bertahun-tahun.

Dalam studinya, yang diterbitkan pada hari Jumat di Buletin Ilmuwan Atom, Dr Wellerstein menunjukkan bahwa Soviet bukan satu-satunya kekuatan nuklir yang memikirkan bahan peledak yang menakjubkan; Amerika Serikat telah lama bersiap secara rahasia untuk menempuh jalan yang sama.

Edward Teller, seorang arsitek bom hidrogen, mengatakan kepada Komisi Energi Atom pada tahun 1954 bahwa pekerjaan sedang dilakukan pada dua bom super, satu 1.000 megaton dan lainnya 10.000 megaton.

Menurut definisi, rencana Amerika untuk senjata yang tidak terpikirkan berfokus pada bom hidrogen, yang pada tahun-tahun setelah Perang Dunia II muncul pada tingkat sekitar 1.000 kali lebih merusak daripada senjata nuklir yang dijatuhkan di Jepang.
Wellerstein mengutip Edward Teller, arsitek utama bom hidrogen, yang mengumumkan pada pertemuan Komisi Energi Atom tahun 1954 bahwa laboratoriumnya sedang mengerjakan dua desain bom super.

Satu akan menjadi bom 1.000 megaton—atau 20 kali lebih kuat dari pengocok planet yang akan diledakkan oleh Soviet pada tahun 1961. Yang lainnya akan menjadi 10.000 megaton, atau 200 kali lebih merusak.

"Para ilmuwan di pertemuan rahasia itu “terkejut” dengan proposalnya,” tulis Dr Wellerstein, mengutip catatan resmi.

“Kesaksian Teller sebagian besar masih dirahasiakan hingga hari ini,” imbuh dia.

Menurut Wellerstein, pada tahun 1958, kepala staf Angkatan Udara AS menyerukan studi senjata hingga 1.000 megaton. Sejarah Angkatan Udara yang dulu sangat rahasia mengatakan antusiasme terhadap senjata raksasa itu mendingin ketika penelitian tersebut menemukan bahwa radioaktivitas mematikan mungkin tidak terkandung dalam batas-batas negara musuh.

Pada Januari 1961, ketika Kennedy menjabat, rencana untuk membuat bom super yang lebih rendah telah berkembang lebih rinci.
Wellerstein melaporkan bahwa presiden baru itu diberitahu bahwa senjata 100 megaton akan memiliki lebar enam kaki dan panjang 12 kaki—mudah dibawa dan dijatuhkan oleh pesawat pengebom besar.

Ledakan Tsar Bomba pada bulan Oktober 1961 memberikan isu urgensi baru. Wellerstein mengutip seorang ilmuwan di laboratorium senjata Sandia—salah satu dari tiga pusat desain senjata nuklir negara itu—yang menyatakan bahwa militer Amerika menginginkan bom super meskipun tidak ada target yang diketahui membenarkan senjata semacam itu.

Pada akhir tahun 1962, Dr Wellerstein menyatakan, menteri pertahanan, Robert S. McNamara, diberitahu bahwa Komisi Energi Atom siap untuk membangun yang setara dengan Tsar Bomba. Komisi melaporkan bahwa perangkat eksperimental akan siap untuk pengujian bahan peledak pada akhir tahun 1963.

Tahun itu, Presiden Kennedy datang untuk melihat jalan keluar dari perlombaan senjata yang membayangi. Untuk mengakhiri gelombang radiasi mematikan dari pengujian atmosfer dan gelombang kanker dan penyakit lain yang mengikutinya bagi orang-orang melawan arah angin, para ahli nuklir pemerintah telah mempelajari cara meledakkan perangkat mereka di bawah tanah di Nevada.

Tanah berbatu bisa menampung semburan yang relatif kecil, tetapi tidak untuk ledakan super, yang energinya yang besar dan bola api selebar bermil-mil akan membakar dan menembus batu keras untuk mengeluarkan radiasi ke udara. Situs Nevada melakukan tes senjata di bawah tanah sampai, dengan berakhirnya Perang Dingin, seri panjang berakhir pada tahun 1991.

Pada bulan Juni 1963, Kennedy memaparkan visinya untuk perjanjian larangan uji parsial dengan Soviet yang akan membatasi pengujian nuklir ke situs bawah tanah.

“Saya sekarang menyatakan,” katanya dalam pidato di American University, “bahwa Amerika Serikat tidak mengusulkan untuk melakukan uji coba nuklir di atmosfer selama negara-negara lain tidak melakukannya.”

"Deklarasi ini bukanlah pengganti perjanjian yang mengikat secara formal, tetapi saya berharap itu akan membantu kita mencapainya," ujarnya.



Itu benar. Sebuah perjanjian dengan Moskow dinegosiasikan dan diratifikasi oleh Senat AS. Pada 7 Oktober 1963, Kennedy menandatanganinya, sehingga perjanjian itu mulai berlaku. “Untuk pertama kalinya,” katanya, “kami berhasil mencapai kesepakatan yang dapat membatasi bahaya zaman ini.”

Empat puluh enam hari kemudian, peluru sniper mengakhiri era Kennedy. Tetapi penolakan global terhadap pengujian bom nuklir di atmosfer sebagian besar terjadi, menyerahkan ratusan ledakan nuklir ke bawah tanah.

Rusia tidak pernah melanggar perjanjian. Prancis dan China tidak pernah menandatangani, dan melakukan uji atmosfer terakhir mereka pada tahun 1974 dan 1980.

India, Pakistan, dan Korea Utara melakukan semua uji coba nuklir mereka di bawah tanah.

“Itu menjadi norma,” kata Dr Wellerstein tentang pendekatan bawah tanah. "Begitu juga hulu ledak yang lebih kecil.”

Jika calon era bom super sekarang dilupakan dan tidak dikenal, kata dia, penting untuk diingat sebagai pelajaran tentang betapa berbahayanya perlombaan senjata nuklir yang pernah mengancam.

“Tsar Bomba sudah mati,” kata Dr Wellerstein di ruang kerjanya.
(min)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1575 seconds (0.1#10.140)