Bumi Hangus, 160 Bangunan Terbakar Akibat Serangan Roket Tentara Myanmar

Minggu, 31 Oktober 2021 - 07:52 WIB
loading...
A A A


Menurut Angkatan Pertahanan China-Thantlang, sebuah milisi lokal yang memerangi militer, sebuah Gereja Presbiterian dan sebuah bangunan yang menampung Gereja Pantekosta di the Rock termasuk di antara 164 bangunan yang dianggap hancur oleh api.

Pasukan pertahanan mengatakan penembakan itu dimulai setelah pertempuran pecah ketika mereka mencoba untuk mencegah tentara pemerintah menjarah sebuah rumah di kota itu.

Namun seorang juru bicara pemerintah membantah hal itu, menyebutnya sebagai tuduhan omong kosong yang dilaporkan oleh media yang ingin menghancurkan negara. Ia pun menyalahkan kelompok pemberontak karena menghasut pertempuran dan pembakaran.

Dalam wawancara telepon pada Sabtu malam di stasiun televisi pemerintah MRTV, juru bicara pemerintah Mayor Jenderal Zaw Min Tun mengatakan peristiwa itu dimulai ketika anggota PDF – atau Pasukan Pertahanan Rakyat, sebutan umum untuk milisi lokal – menyerang pasukan keamanan, yang membalasnya dengan tembakan.

Dia mengatakan gerilyawan berlindung di rumah-rumah di kota dan membakarnya saat mereka melarikan diri, menghalangi bala bantuan dari pemerintah untuk memadamkan api dengan menembaki mereka.

Dia menambahkan bahwa tidak mungkin membawa pemadam kebakaran dari Ibu Kota negara bagian, Hakha, karena sebuah jembatan di jalan yang menghubungkan kota-kota itu telah diledakkan pada 21 Oktober.

"Tidak perlu dikatakan siapa yang meledakkan jembatan. Video-video ini dapat ditemukan di media penghancur negara," kata Zaw Min Thin, mengacu pada video yang beredar luas di video sosial yang menunjukkan beberapa bahan peledak yang diledakkan di jembatan tersebut.

Dia menggambarkan urutan peristiwa sebagai "plot yang disengaja."

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0978 seconds (0.1#10.140)