Merkel Sudah Terima Surat Pemberhentian, Tapi Masih Pimpin Pemerintahan Sementara Jerman

Rabu, 27 Oktober 2021 - 18:00 WIB
loading...
Merkel Sudah Terima Surat Pemberhentian, Tapi Masih Pimpin Pemerintahan Sementara Jerman
Kanselir Jerman Angela Merkel. FOTO/Reuters
A A A
BERLIN - Kanselir Jerman, Angela Merkel mengambil langkah lebih dekat ke pensiun politik pada Selasa (26/10/2021), setelah menerima sertifikat pemberhentian resminya dari jabatan kanselir. Meski demikian, Merkel akan memimpin pemerintahan sementara sampai penggantinya dilantik.

Merkel telah 16 tahun menjabat sebagai Kanselir Jerman . Sertifikat pemberhentian resmi Merkel diserahkan oleh Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier. Ia berterima kasih kepada Merkel karena telah memimpin negara melalui masa-masa sulit, terutama selama masa jabatan empat tahun terakhirnya.



Steinmeier mengutip pandemi virus corona, kepergian Inggris dari Uni Eropa, dan pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Donald Trump yang dia katakan "tidak terlalu tertarik pada tatanan internasional dan kemitraan trans-Atlantik."

Pekan lalu, Merkel menerima sambutan hangat dari sesama pemimpin Uni Eropa dan mantan Presiden AS Barack Obama. Minggu-minggu terakhirnya sebagai juru kunci termasuk mewakili Jerman sebagai pertemuan G-20 di Italia dan konferensi iklim PBB minggu depan di Glasgow.

Beberapa jam sebelum menerima sertifikat pemberhentian resmi, Merkel menghadiri sesi pembukaan parlemen baru Jerman di Berlin. Ia duduk di galeri VIP saat anggota parlemen yang baru terpilih bertemu untuk pertama kalinya. Merkel, yang pertama kali memenangkan kursi di Bundestag 31 tahun lalu, tidak mencalonkan diri lagi dalam pemilihan 26 September.



Kemungkinan pengganti Merkel adalah Olaf Scholz dari Sosial Demokrat, wakil rektor dan menteri keuangannya sejak 2018. Jerman sendiri telah memilih ketua parlemen baru. Baerbal Bas, seorang anggota Partai Sosial Demokrat kiri-tengah, dipilih sebagai ketua Majelis Rendah yang beranggotakan 736 orang. Dia menggantikan Wolfgang Schaeuble, seorang konservatif dan mantan menteri keuangan dan dalam negeri.

Bas, yang partainya mengalahkan blok Uni kanan-tengah Merkel, telah menjadi anggota Bundestag sejak 2009. Pria berusia 53 tahun itu adalah wakil pemimpin kelompok parlementer partainya di parlemen terakhir dan juru bicaranya untuk kesehatan, pendidikan dan riset.

Bas menekankan bahwa meskipun parlemen belum mencerminkan keragaman penuh masyarakat Jerman, Bundestag baru menjadi lebih beragam, dengan lebih banyak anggota parlemen imigran dan anggota yang lebih muda.

“Tanggung jawab sejauh ini belum tersebar secara adil di semua pundak. Saya akan membela demokrasi melawan musuh-musuhnya,” tandas Bas.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)