Bawa Jet F-35, Kapal Induk Nuklir AS Carl Vinson Kembali ke Laut China Selatan

Rabu, 27 Oktober 2021 - 00:27 WIB
loading...
A A A
China mempertahankan kedaulatannya atas petak besar Laut China Selatan dalam perselisihan dengan pengeklaim lain di Asia Tenggara, seperti Vietnam, Filipina, dan Malaysia.

Beijing juga telah lama menegaskan bahwa Taiwan adalah provinsinya yang memberontak yang pada akhirnya harus dipersatukan kembali dengan daratan China.

China telah meningkatkan kecepatan serangan jet tempur ke wilayah udara Taiwan dalam beberapa bulan terakhir, sementara Angkatan Laut AS telah mengirim kapal perang melalui Selat Taiwan kira-kira sebulan sekali untuk menunjukkan tekad AS dalam apa yang secara rutin disebut Pentagon sebagai “operasi untuk mendukung Indo-Pasisik yang bebas dan terbuka".



Angkatan Laut AS menggambarkan operasi oleh USS Carl Vinson dan Kaga sebagai bagian dari "kehadiran rutin" di wilayah tersebut.

“Operasi bilateral adalah salah satu komponen kunci dalam kesiapan maritim kolektif kami,” kata Laksamana Muda Dan Martin, komandan Carrier Strike Group 1 Angkatan Laut AS, dalam rilisnya, seperti dilansir Stars and Stripes, Selasa (26/10/2021).

“Indo-Pasifik adalah kawasan yang dinamis dan dengan terus melakukan operasi rutin dengan sekutu dan mitra kami di seluruh perairan dan wilayah udara internasional, kami menunjukkan komitmen teguh kami untuk menegakkan hukum internasional, di laut dan di udara, dan untuk memastikan bahwa semua negara dapat melakukan hal yang sama tanpa rasa takut atau bersaing.”

Unsur-unsur kelompok tempur kapal induk USS Vinson yang sekarang beroperasi di Laut China Selatan termasuk kapal penjelajah berpeluru kendali USS Lake Champlain dan USS Shiloh, kapal perusak berpeluru kendali USS Stockdale dan sembilan skuadron Carrier Air Wing 2.

Pesawat yang dibawa termasuk pesawat jet tempur siluman F-35C, F/A-18E dan F-18F Super Hornet, EA-18G Growler, helikopter E-20 Advanced Hawkeye dan MH-60S Seahawk.

USS Carl Vinson adalah kapal induk AS pertama yang dirancang untuk menangani pesawat tempur generasi kelima F-35C dan Osprey tilt-rotor. Kapal menyelesaikan upgrade 17 bulan pada musim panas 2020.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1069 seconds (0.1#10.140)