Terungkap, Ponsel Android Kirim Data Sensitif Pengguna ke Raksasa Teknologi

Rabu, 13 Oktober 2021 - 22:33 WIB
loading...
A A A
Beberapa vendor perangkat juga mengumpulkan interaksi pengguna dengan handset dengan Xiaomi yang menerima detail semua jendela aplikasi yang dilihat oleh konsumen, termasuk kapan dan berapa lama mereka menggunakan aplikasi tersebut. Tingkat pelacakan ini dilaporkan dapat mengungkapkan waktu dan durasi panggilan telepon pengguna, misalnya. Data penggunaan serupa dikumpulkan oleh Microsoft menggunakan keyboard Swiftkey pada handset Huawei, yang dapat mengungkapkan saat pengguna menulis pesan teks atau menggunakan bilah pencarian.

Baca juga: Macron Minta Penjelasan PM Israel Soal Spyware Pegasus

Memperhatikan bahwa masalah privasi telah terlalu fokus pada cookie web dan pada aplikasi yang berperilaku buruk, penulis studi Doug Leith berharap laporan itu akan menjadi panggilan untuk membangunkan publik, politisi, dan regulator bahwa tindakan yang berarti sangat dibutuhkan untuk memberi orang kendali nyata atas data yang keluar dari ponsel mereka.

Sebagai tanggapan, juru bicara Google yang tidak disebutkan namanya mengatakan kepada outlet berita teknologi BleepingComputer bahwa perilaku seperti itu “tidak terduga” karena inilah cara kerja smartphone modern.

“Pengumpulan informasi dasar yang terbatas, seperti IMEI perangkat, diperlukan untuk memberikan pembaruan penting secara andal di seluruh perangkat dan aplikasi Android,” kata Google seperti dikutip dari Russia Today, Rabu (13/10/2021).
(ian)
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2748 seconds (11.210#12.26)