Latihan Perang dengan Sekutu Quad, AS Kirim Kapal Induk Nuklir Carl Vinson

Rabu, 13 Oktober 2021 - 02:38 WIB
loading...
A A A
“Latihan Malabar edisi ke-25, dengan tetap memperhatikan semua protokol selama pandemi COVID-19, merupakan cerminan dari komitmen negara-negara peserta untuk mendukung Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, inklusif serta tatanan internasional yang berbasis aturan,” ujarnya.



Mengikuti undangan India, Australia berpartisipasi dalam latihan Malabar tahun lalu yang secara efektif menjadikannya latihan oleh keempat negara anggota koalisi Quad atau Quadrilateral. Australia juga berpartisipasi dalam tahap pertama latihan Malabar tahun ini.

Latihan tersebut menyaksikan momentum baru di latar belakang tumbuhnya konvergensi kepentingan dalam domain maritim di antara empat negara Quad.

China telah curiga dengan tujuan latihan Malabar karena merasa bahwa latihan perang tahunan adalah upaya untuk menahan pengaruhnya di kawasan Indo-Pasifik.

Latihan Malabar dimulai pada tahun 1992 sebagai latihan bilateral antara Angkatan Laut India dan Angkatan Laut AS di Samudra Hindia. Jepang menjadi anggota tetap latihan tersebut pada tahun 2015.

Latihan perang tersebut pernah digelar di lepas pantai Guam pada 2018 dan di lepas pantai Jepang pada 2019.

Tahun lalu, latihan tersebut diselenggarakan dalam dua fase di Teluk Benggala dan Laut Arab.

Ada kekhawatiran global yang meningkat atas meningkatnya ketegasan militer China di kawasan Indo-Pasifik.

India, AS, Australia, Jepang, dan banyak negara lain yang berpikiran sama bekerja untuk memastikan Indo-Pasifik yang bebas, terbuka, dan inklusif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1160 seconds (0.1#10.140)