Kisah Bapak Nuklir Pakistan Diburu CIA, MI6 dan Mossad tapi Selalu Lolos

Rabu, 13 Oktober 2021 - 02:23 WIB
loading...
A A A
Jaringan tersebut menyewa workshop, pabrik, kantor, dan pusat komputer di beberapa negara termasuk Malaysia, Korea Utara, dan Swiss, untuk beberapa nama.

Berbalut aura jenius nuklir yang memfasilitasi "bom nuklir Muslim" pertama, AQ Khan bepergian secara ekstensif selama akhir 1980-an dan awal 1990-an di seluruh Timur Tengah, menawarkan jasanya.

Mesir, Arab Saudi, Aljazair, dan bahkan Suriah menolak pendekatan bom nuklir untuk tentara mereka dengan uang. Iran dan Libya memang menerima, tetapi mengubah persyaratan dan ruang lingkup tawaran tersebut.

Karena kekurangan infrastruktur dan keahlian ilmiah yang serius, pemimpin Libya saat itu, Muammar Gadhafi, meminta Khan dan timnya untuk memberi Tripoli proyek turn-key di mana Khan akan bertanggung jawab untuk menyerahkan kapasitas nuklir yang telah selesai.

Iran pasca-revolusi, di sisi lain, sebagai negara yang bangga dengan program nuklir yang sudah relatif maju yang dikembangkan selama pemerintahan Shah, dan universitas-universitas dan ilmuwan yang baik yang pernah belajar di Barat, memilih jalannya sendiri.

Iran membeli dari Khan gambar dan rencana sentrifugal Pakistan yang dikenal sebagai P1 dan P2. Ilmuwan Iran, dipimpin oleh Dr Mohsen Fakhrizadeh, yang baru-baru ini ditembak mati oleh tim pembunuh Mossad, membangun sentrifugal mereka sendiri, menamainya Ir-1 dan Ir-2.

Sentrifugal asli ini, yang telah ditingkatkan dan ditingkatkan lagi oleh Iran sejak saat itu menjadi lebih cepat dan lebih efisien, melanjutkan seri dengan menyebutnya Ir-3-4-5-6-7, sekarang berputar di fasilitas pengayaan uranium Natanz dan Fordow dan adalah perhatian utama bagi Israel, AS, dan dunia Barat dalam hal program dan niat nuklir Iran.

Badan intelijen Israel, yang saat itu dipimpin oleh kepala Mossad Shabtai Shavit, mencatat perjalanan Khan di wilayah tersebut. Tetapi, seperti yang dikatakan Shavit kepada Yossi Melman satu setengah dekade yang lalu, Mossad dan Aman (intelijen militer Israel) tidak mengerti apa yang sedang dilakukan Khan.

Shavit menambahkan bahwa jika dia dan rekan-rekannya menafsirkan dengan benar niat Khan, dia akan mempertimbangkan untuk mengirim tim Mossad untuk membunuh Khan dan dengan demikian "mengubah jalannya sejarah", setidaknya dalam konteks hubungan Israel-Iran.

Pada akhirnya yang mengekspos jaringan Khan adalah Khadafi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2257 seconds (0.1#10.140)