Inggris Berencana Tingkatkan Kehadiran Militernya di Laut China Selatan

Selasa, 12 Oktober 2021 - 15:20 WIB
loading...
Inggris Berencana Tingkatkan Kehadiran Militernya di Laut China Selatan
Kelompok tempur kapal induk Inggris, HMS Queen Elizabeth. Foto/Ilustrasi
A A A
SINGAPURA - Inggris berencana untuk meningkatkan kehadirannya di Laut China Selatan (LCS) yang diperebutkan dan kawasan Indo-Pasifik . Hal itu diungkapkan Kepala Staf Angkatan Udara Inggris, Marsekal Mike Wigston.

Berbicara di atas kapal induk HMS Queen Elizabeth milik Angkatan Laut Inggris yang berlabuh di Singapura , Wigston mengatakan bahwa akan ada pengerahan "drum" yang lebih teratur.

"Itu akan dimanifestasikan baik dalam apa yang Anda lihat dariAngkatan Lautdan Angkatan Udara Kerajaan," katanya.



"Selain pengerahan lebih banyak aset militer, peningkatan keterlibatan akan datang dalam bentuk bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana," tambah Wigston seperti dikutip dari CNBC, Selasa (12/10/2021).

Kelompok tempur Angkatan Laut Inggris, yang dipimpin oleh kapal induk HMS Queen Elizabeth senilai USD3,9 miliar, sedang dalam penyebaran perdananya selama 28 minggu di seluruh dunia dalam proyeksi kekuatan.

Komisaris Tinggi Inggris untuk Singapura, Kara Owen, menambahkan bahwa dua kapal perang Angkatan Laut Inggris baru saja transit melalui Terusan Panama dan menuju ke perairan Asia. Ini mengikuti pengumuman pada bulan Juli untuk secara permanen menugaskan dua kapal perang di wilayah tersebut.

"Ambisi kami adalah untuk mengambil kehadiran yang lebih gigih di sini daripada negara lain mana pun dari (Eropa)," katanya di atas kapal berbobot 65.000 ton itu.



Sebelumnya, kapal-kapal dari kelompok tempur Kapal Induk Inggris berpartisipasi dalam latihan yang menandai peringatan 50 tahun Pengaturan Pertahanan Lima Kekuatan dengan Singapura, Malaysia, Australia, dan Selandia Baru.

Penempatan ini juga dilakukan ketika Inggris berusaha untuk menandatangani lebih banyak kesepakatan perdagangan di seluruh dunia setelah kepergiannya dari Uni Eropa.

Pada bulan Juni, Inggris memulai negosiasi untuk bergabung dengan aliansi perdagangan bebas Asia Pasifik yang lebih luas yang dikenal sebagai Perjanjian Komprehensif dan Progresif untuk Kemitraan Trans-Pasifik.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2068 seconds (0.1#10.140)