Pasukan Khusus AS Diam-diam Latih Militer Taiwan sejak Tahun Lalu

Jum'at, 08 Oktober 2021 - 07:18 WIB
loading...
A A A
Secara geografis, Taiwan dipisahkan dari daratan China oleh sebuah alur laut selebar sekitar 161km (100 mil).

AS juga mempertahankan komitmen ambigu untuk membela Taiwan, yang dianggap Beijing sebagai provinsinya yang memberontak.

Sebuah video yang dirilis tahun lalu dan ditampilkan di media Taiwan menunjukkan pasukan AS mengambil bagian dalam latihan di pulau yang dijuluki "Balance Tamper".



Pasukan China telah meningkatkan aktivitas mereka menuju Taiwan pada tahun lalu, melakukan latihan serangan laut dan menerbangkan pesawat pengebom dan pesawat tempur dalam jumlah besar di dekat wilayah udara Taiwan.

Taiwan mengatakan pihaknya melacak rekor 56 pesawat China di zona pertahanan udaranya pada hari Senin, dalam serangkaian manuver militer yang dimulai pada hari Jumat, Hari Nasional China, dan mendorong pulau itu untuk mengerahkan jet tempur sebagai tanggapan.

Mainland Affairs Council (MAC), badan pembuat kebijakan utama China di Taiwan, menuduh Beijing secara serius merusak status quo perdamaian dan stabilitas di Selat Taiwan dengan serangan yang lebih besar baru-baru ini.

Juru Bicara Departemen Luar Negeri AS Ned Price menyebut aktivitas China itu mengganggu stabilitas dan provokatif.

“Kami sangat mendesak Beijing untuk menghentikan tekanan dan paksaan militer, diplomatik dan ekonominya terhadap Taiwan,” katanya, menyebut komitmen AS ke pulau itu “kokoh”.

Pada hari Rabu, Presiden AS Joe Biden mengatakan bahwa dia berbicara dengan Presiden China Xi Jinping tentang Taiwan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0820 seconds (0.1#10.140)