Janji 'Ceraikan' Al-Qaeda, Taliban Ternyata Masih Berhubungan Mesra

Selasa, 02 Juni 2020 - 14:51 WIB
loading...
A A A
Laporan itu mengatakan ada indikasi bahwa kepemimpinan Taliban belum sepenuhnya mengungkapkan rincian perjanjian, termasuk komitmen untuk memutuskan hubungan dengan al-Qaeda dan pejuang teroris asing, kepada para anggotanya. Mereka takut akan serangan balasan dan masalah itu telah muncul berulang kali sebagai topik perdebatan internal yang sengit.

"Jika Taliban mematuhi kewajiban mereka dalam perjanjian dengan AS dan menjauh dari al-Qaeda, hal itu dapat menghasilkan perpecahan yang mendalam dalam kelompok itu dengan satu faksi menolak untuk meninggalkan al-Qaeda," menurut laporan PBB.

Meski begitu, laporan PBB mengatakan al-Qaeda telah bereaksi positif terhadap perjanjian tersebut. Kelompok itu melihat perjanjian tersebut sebagai kemenangan perjuangan Taliban dan merayakannya. Kelompok militan global juga demikian.

Ditanya tentang temuan PBB, perwakilan khusus AS yang memimpin negosiasi dengan Taliban, Zalmay Khalilzad, mengatakan bahwa Taliban telah mengambil beberapa langkah untuk memutuskan hubungan dengan al-Qaeda dan kelompok-kelompok teroris lainnya, tetapi diperlukan lebih banyak tindakan.

"Kami percaya bahwa ada kemajuan, tetapi kami akan terus memantau kegiatan-kegiatan itu dengan sangat cermat," kata Khalilzad.

Ia tidak memberikan rincian langkah-langkah yang telah diambil Taliban, dengan mengatakan itu adalah masalah sensitif. Utusan AS itu juga tidak menjawab pertanyaan apakah Taliban berkonsultasi dengan al-Qaeda selama pembicaraan di Doha.

Diplomat AS kelahiran Afghanistan, yang sebelumnya menjabat sebagai duta besar untuk Afghanistan di bawah Presiden George W. Bush setelah serangan 9/11, menambahkan bahwa laporan PBB mencakup periode yang berakhir pada 15 Maret, dan perjanjian AS-Taliban ditandatangani pada 29 Februari.

Khalilzad juga menyatakan optimisme bahwa prospek perdamaian telah membaik setelah gencatan senjata baru-baru saat liburan Idul Fitri pada bulan Mei, tingkat kekerasan yang lebih rendah dan lebih banyak pembebasan tahanan oleh pemerintah Afghanistan dan Taliban. (Baca: Idul Fitri, Taliban dan Pemerintah Afghanistan Umumkan Gencatan Senjata )

"Saya percaya kita berada dalam momen yang lebih penuh harapan yang memvalidasi pendekatan kami," katanya. (Baca: Pasca Gencatan Senjata, Afghanistan Bebaskan 100 Anggota Taliban )

Khalilzad mengatakan dia tidak dapat menjamin anggota individu Taliban atau faksi di dalam kelompok itu, tetapi dia mengatakan Taliban secara keseluruhan telah membuat komitmen untuk memutuskan hubungan dengan al-Qaeda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1649 seconds (0.1#10.140)