Pasca Gencatan Senjata, Afghanistan Bebaskan 100 Anggota Taliban

Selasa, 26 Mei 2020 - 02:27 WIB
loading...
Pasca Gencatan Senjata, Afghanistan Bebaskan 100 Anggota Taliban
Pemerintah Afghanistan dilaporkan telah membebaskan setidaknya 100 anggota Taliban. Foto/REUTERS
A A A
KABUL - Pemerintah Afghanistan dilaporkan telah membebaskan setidaknya 100 anggota Taliban. Pembebasan ini dilakukan beberapa hari setelah Taliban dan pemerintah Afghanistan sepakat untuk menggelar gencatan senjata selama tiga hari.

"Pemerintah Afghanistan telah membebaskan 100 tahanan Taliban dari penjara Bagram," kata juru bicara Dewan Keamanan Nasional Afghanistan, Javid Faisal seperti dilansir Al Arabiya pada Selasa (25/5/2020).

Pemerintah Afghanistan sendiri diketahui berencana untuk membebaskan hingga 2.000 tahanan Taliban sebagai isyarat niat baik sebagai tanggapan atas tawaran gencatan senjata, meningkatkan upaya untuk meluncurkan perundingan damai.

Kabul sebelumnya telah membebaskan sekitar 1.000 anggota Taliban Taliban. Sementara di sisi lain, Taliban telah melepaskan sekitar 300 anggota pasukan keamanan Afghanistan.

Taliban menegaskan bahwa Kabul harus membebaskan 5.000 anggotanya sebagaimana disepakati dalam kesepakatan dengan Amerika Serikat (AS).

"Proses ini harus diselesaikan untuk menghilangkan rintangan yang menghalangi dimulainya negosiasi intra-Afghanistan," kata juru bicara Taliban, Suhail Shaheen dalam sebuah pernyataan di akun Twitternya.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1589 seconds (0.1#10.140)