Citra Satelit Ungkap Pangkalan Rudal Rahasia Iran Rusak Akibat Ledakan

Jum'at, 01 Oktober 2021 - 06:20 WIB
loading...
Citra Satelit Ungkap Pangkalan Rudal Rahasia Iran Rusak Akibat Ledakan
Citra satelit menunjukkan pangkalan rudal rahasia Iran rusak akibat ledakan. Foto/Twitter
A A A
TEL AVIV - Awal pekan ini, media Iran melaporkan kebakaran di salah satu lokasi penelitian Korps Garda Revolusi Iran (IRGC) di sebelah barat Ibu Kota Teheran. Namun, penyebab kebakaran di pusat penelitian swasembada itu tidak dilaporkan.

Sebuah organisasi intelijen swasta Israel pada hari Kamis merilis foto satelit dari dugaan fasilitas pengembangan rudal Iran di luar Teheran. Foto itu menunjukkan kerusakan yang disebabkan oleh ledakan yang diklaim terjadi awal pekan ini.

Seperti yang terlihat pada gambar satelit, setidaknya seperempat bangunan yang diklaim sebagai "pangkalan rudal rahasia" milik IRGC , hancur. Kerusakan lebih banyak terlihat di atap seluruh struktur pada hari Senin tak lama setelah insiden tersebut, seperti dikutip dari Sputnik, Jumat (1/10/2021).





ImageSat International, sebuah perusahaan analisis citra satelit, merilis foto-foto tersebut. ImageSat menyebut Grup Industri Shahid Hemmatadalah lokasi dari citra satelit itu.

Menurut laporan, akibat ledakan di fasilitas itu setidaknya dua anggota IRGC tewas. Organisasi Jihad Riset dan Swasembada IRGC, yang dilaporkan menjalankan fasilitas yang rusak, mendapat sanksi dari Departemen Keuangan AS pada 2017 atas upayanya dalam meneliti dan mengembangkan rudal balistik.

Sejak Juli 2020, serangkaian kebakaran dan ledakan yang mencurigakan telah terjadi di lokasi nuklir, militer, dan industri Iran. Menurut Iran International, hampir bersamaan dengan kebakaran di barat Teheran, kebakaran lain terjadi di kompleks penelitian militer di Teheran.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)