Penasihat Keamanan Nasional AS Temui Putra Mahkota Saudi, Pertama Kali di Era Biden

Rabu, 29 September 2021 - 07:31 WIB
loading...
A A A
Di UEA, Sullivan bertemu dengan Putra Mahkota Abu Dhabi dan penasihat keamanan nasional UEA, dengan diskusi yang menyentuh hubungan bilateral.

“Mereka juga bertukar pandangan tentang perkembangan regional dan kolaborasi untuk mempromosikan perdamaian dan stabilitas di kawasan,” tulis media pemerintah UEA,WAM.

Sullivan adalah pejabat administrasi Biden paling senior yang mengunjungi Arab Saudi dan bertemu dengan Putra Mahkota Mohammad bin Salman.



Perjalanannya ke Arab Saudi terjadi pada saat hubungan bilateral antara Washington dan Riyadh memburuk sebagai akibat dari upaya Biden untuk "mengkalibrasi ulang" hubungan sejak menjabat.

Sullivan juga diperkirakan akan mengunjungi negara lain, termasuk Mesir, tetapi Gedung Putih belum membuat pengumuman lain.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin dijadwalkan melakukan perjalanan ke Kerajaan Arab Saudi saat melakukan tur ke wilayah tersebut bulan ini.

Namun, perjalanannya ditunda pada menit terakhir karena apa yang dikatakan Washington sebagai masalah "penjadwalan".

Awal bulan ini, Departemen Luar Negeri menyetujui penjualan peralatan militer senilai USD500 juta ke Arab Saudi, yang mencakup layanan dukungan pemeliharaan untuk helikopter, termasuk helikopter Apache dan Black Hawk Arab Saudi, serta armada helikopter CH-47D Chinook di masa depan.

Pada bulan Juli, Wakil Menteri Pertahanan Arab Saudi Pangeran Khalid bin Salman bertemu dengan Sullivan dan pejabat senior administrasi Biden lainnya di Washington, termasuk Austin dan Ketua Kepala Staf Gabungan Jenderal Mark Miller.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1454 seconds (0.1#10.140)