Kekuatan Angkatan Laut China Lawan Australia: Siapa Lebih Hebat?

Minggu, 26 September 2021 - 00:01 WIB
loading...
Kekuatan Angkatan Laut China Lawan Australia: Siapa Lebih Hebat?
Jet tempur dan kapal perang Angkatan Laut China berada di Laut China Selatan pada 12 April 2018. Foto/REUTERS
A A A
BEIJING - Meningkatnya ketegangan antara Australia dan China akibat kesepakatan AUKUS membuat publik menyoroti kekuatan armada angkatan laut kedua negara.

Pakta kerja sama pertahanan AS-Australia-Inggris telah memprovokasi China dengan cara yang salah ketika kekuatan Asia itu memperingatkan ketiganya yang menampilkan mentalitas "Perang Dingin" dan mengancam perdamaian di kawasan Indo-Pasifik.

Berdasarkan pakta tersebut, AS dan Inggris setuju mendukung Australia dalam mengembangkan dan memperbanyak kapal selam tenaga nuklir yang akan dioperasikan Negeri Kanguru itu.



Langkah itu dilihat Beijing sebagai pemicu potensial untuk mempercepat perlombaan senjata nuklir di antara kekuatan global.



"China melihat ini sebagai kembalinya ke politik berbasis ideologi Perang Dingin. Dan sepertinya pemerintah China mungkin ada benarnya. AUKUS menyarankan bahwa jaminan kehadiran AS dan Inggris di wilayah tersebut, dibantu kedekatan Australia, akan mengarah pada keamanan,” ujar Sarah Lieberman, Dosen Senior di Canterbury Christ Church University yang dilansir TRT World pada Sabtu (25/9/2021).



Menurut analis Eurasia Group Ali Wyne, perimbangan kekuatan militer akan lebih memanas dengan AUKUS mengingat dinamika geopolitik.

Perkembangan terakhir ini memicu keingintahuan atas dinamika kekuatan angkatan laut antara China dan Australia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1857 seconds (0.1#10.140)