Desa-desa di China Ini Bayar Pasangan untuk Punya Banyak Anak

Sabtu, 25 September 2021 - 12:23 WIB
loading...
A A A
Panzhihua, sebuah kota di provinsi Sichuan, juga memberikan bantuan tunai kepada keluarga dengan dua atau tiga anak, dengan biaya Rp1,1 juta per bulan, per bayi.



Langkah-langkah serupa telah diterapkan di negara-negara Asia lainnya yang mengalami krisis demografis serupa: kota Nagi di Jepang menjadi kisah sukses kesuburan setelah membayar pasangan yang tinggal di sana untuk memiliki lebih banyak anak. Insentif terus meningkat dari anak pertama ke anak kedua, dan seterusnya.

Dan di Singapura, yang memiliki salah satu tingkat kelahiran terendah di dunia, pemerintahnya tahun lalu menawarkan insentif satu kali kepada calon orang tua selama pandemi virus Corona.

Namun di China, desakan resmi untuk lebih banyak bayi telah mendapat kritik dari banyak wanita dan anak muda yang mengatakan tidak cukup mengatasi masalah utama yang mencegah mereka memiliki lebih banyak anak: ketidaksetaraan gender yang mengakar, kurangnya cuti untuk ayah, meningkatnya biaya hidup, dan berkurangnya kesempatan kerja.

Untuk memiliki lebih banyak anak, perempuan sering kali harus melakukan pengorbanan karir yang signifikan, dan dapat menghadapi diskriminasi yang meningkat di tempat kerja terutama karena mereka masih diharapkan untuk bertanggung jawab atas pengasuhan anak dan pekerjaan rumah tangga. Dengan semakin banyaknya wanita yang mengenyam pendidikan perguruan tinggi dan memasuki dunia kerja dari sebelumnya, semakin sedikit yang siap untuk berkorban.

Masalah lebih menonjol di pusat perkotaan, di mana biaya hidup lebih tinggi, ada lebih banyak persaingan untuk pekerjaan, dan banyak yang mengeluhkan upah yang stagnan.

Namun kendala tetap ada bahkan di daerah pedesaan yang lebih padat penduduknya. Di Linze, sebuah survei lokal menemukan tiga faktor utama yang membuat keluarga enggan memiliki lebih dari satu anak adalah tekanan pada perumahan, pendidikan dan pengasuhan anak, menurut Global Times.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1239 seconds (0.1#10.140)