Kirim Puluhan Jet dan Bomber Nuklir, Taiwan Sebut China Penindas

loading...
Kirim Puluhan Jet dan Bomber Nuklir, Taiwan Sebut China Penindas
Taiwan menyebut China penindas setelah mengirimkan puluhan jet tempur dan bomber nuklir ke wilayahnya. Foto/Ilustrasi
TAIPEI - Taiwan menyebut China penindas setelah Beijing mengirim total 24 pesawat tempur ke zona identifikasi pertahanan udara (ADIZ). Ini adalah serangan terbesar ketiga dalam dua tahun terakhir di tengah ketegangan yang meningkat antara Beijing dan Taipei.

Pesawat Tentara Pembebasan Rakyat (PLA), termasuk pembom, jet tempur, pesawat anti-kapal selam dan pesawat peringatan dini serta kontrol udara, memasuki ADIZ Taiwan dalam dua kelompok, satu terdiri dari 19 pesawat dan kelompok kedua dari lima jet yang datang kemudian.

Baca juga: Gila-gilaan, 24 Pesawat Termasuk Bomber Nuklir China Terobos ADIZ Taiwan

Sebuah peta yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Taiwan menunjukkan beberapa pesawat China, termasuk pembom H-6, terbang di sekitar bagian selatan Taiwan dan mengarah ke timur pulau itu.



Sebagai tanggapan, Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan peringatan radio dikeluarkan dan sistem rudal pertahanan udara dikerahkan untuk memantau aktivitas tersebut seperti dikutip dari CNN, Jumat (24/9/2021).

Serangan itu tidak melanggar wilayah udara kedaulatan Taiwan, yang membentang 12 mil laut dari pantainya. Administrasi Penerbangan Federal Amerika Serikat (AS) mendefinisikan ADIZ sebagai area yang ditentukan dari wilayah udara di atas darat atau air di mana suatu negara memerlukan identifikasi, lokasi, dan kontrol lalu lintas udara secepatnya dan positif dari pesawat untuk kepentingan keamanan nasional negara tersebut.

Jumlah serangan udara harian tertinggi yang dilaporkan oleh Taiwan terjadi pada 15 Juni, ketika 28 pesawat militer China terbang ke ADIZ Taiwan. Pada 12 April, 25 pesawat PLA memasuki ADIZ Taiwan dalam satu hari.

Baca juga: Rombongan 28 Pesawat Militer China Terabas ADIZ Taiwan

Tapi semacam serangan PLA ke ADIZ Taiwan telah menjadi kejadian hampir setiap hari.
halaman ke-1
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top