Ribut dengan China, Australia Pernah Nyatakan Perang dengan Burung dan Kalah

Sabtu, 18 September 2021 - 10:38 WIB
loading...
A A A
Emu pemberani yang satu ini akan membunyikan alarm dan menunggu kawanannya melarikan diri ke semak belukar.

Burung-burung itu bepergian dengan kecepatan hampir 30 mil per jam dan membawa lebih banyak bulu daripada daging, burung-burung itu membuat target yang hampir mustahil.

Meredith tahu apa masalahnya. Emu itu terlalu cepat untuk penembak bersenpan Lewis yang tidak bergerak. Jadi, dia melakukan satu-satunya hal yang masuk akal yang tersedia baginya dan memasang senapan Lewis-nya ke truk dalam upaya proto-"Mad Max"-ian untuk menaklukkan emu. Rencananya diyakini berhasil. Tidak ada burung yang bisa berlari lebih cepat dari truk dan peluru. Taktik brilian itu berumur pendek. Para emu dapat menjaga jarak dari truk yang terbebani, dan medan yang tidak rata membuat membidik senjata hampir mustahil.

Bagaimana Itu Berakhir?

Setelah enam hari, 2.500 peluru telah ditembakkan. Jumlah burung yang dibunuh tetap tidak pasti, dengan beberapa perkiraan serendah 50 dan beberapa setinggi 500 ekor. Pada titik ini, pers lokal kurang terkesan dengan kampanye Meredith dan publisitas yang buruk menyebabkan Pearce menarik pasukannya.

Namun, Meredith benar-benar terkesan oleh emu, dengan menyatakan, "Jika kita memiliki divisi militer dengan kemampuan membawa peluru [ke] burung-burung ini, itu [burung-burung emu] akan menghadapi tentara mana pun di dunia. Mereka dapat menghadapi senapan mesin dengan kebal. Mereka seperti Zulus yang bahkan peluru dum-dum tidak bisa berhenti."

Kebuntuan militer tidak berlangsung lama. Dengan emu yang terus merusak tanaman petani, pasukan Meredith sekali lagi dikerahkan. Dengan laporan bahwa kampanye pertama berhasil membunuh 300 emu, serangan kedua pasti diuntungkan dari kegagalan pertama.

Dari 13 November hingga 10 Desember 1932, Meredith menyempurnakan seni membunuh emu. Menurut perkiraannya, dia membunuh 986 emu dan 2.500 lagi emu tewas karena luka-luka mereka. Kemenangan Meredith atas emu tidak berlangsung lama. Petani sekali lagi meminta bantuan militer pada tahun 1934, 1943, dan 1948, tetapi militer menolaknya setiap kali diminta. Penolakan pengerahan militer secara berulang inilah yang dianggap sebagai kemenangan burung emu.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)