Buntut Aliansi AUKUS, Australia Jadi Target Empuk China

Jum'at, 17 September 2021 - 07:45 WIB
loading...
A A A
Dia juga membela langkah tersebut selama penampilannya pada acara Today on Friday, dan meremehkan kekhawatiran bahwa Prancis dilecehkan dalam kesepakatan itu.

"Pada akhirnya, saya tidak meminta maaf karena membuat keputusan yang terbaik untuk negara kita," katanya.

“Kita hidup dalam waktu yang tidak pasti, dan saran kepada saya sangat jelas bahwa kapal selam nuklir adalah platform yang jauh lebih baik bagi kami daripada apa yang ditawarkan Prancis, dan itulah keputusan yang kami buat."

“Dan itu memberi kami perlindungan terbaik terhadap apa pun yang terjadi di tahun-tahun mendatang," imbuh dia.

Perdana Menteri Scott Morrison juga memulai kemitraan di Sunrise pagi ini, dengan mengeklaim bahwa negaranya mengambil tindakan yang diperlukan yang kita perlukan untuk menjaga keamanan warga Australia.



Dalam teguran pedas pada Kamis malam, juru bicara Kementerian Luar Negeri China Zhao Lijian menyebut AS “sangat tidak bertanggung jawab” dan menolak klaim Perdana Menteri Scott Morrison bahwa pemimpin China Xi Jinping memiliki “undangan terbuka” untuk memulai kembali pembicaraan politik antara pasangan tersebut.

"Canberra sepenuhnya bertanggung jawab atas situasi sulit saat ini", katanya, menunjukkan bahwa AS dapat melanggar kesepakatan nuklir yang ada dengan berbagi teknologi dengan Australia.

"Kesepakatan itu sangat merusak perdamaian dan stabilitas regional, mengintensifkan perlombaan senjata, merusak perjanjian non-proliferasi dan bahwa masyarakat internasional, termasuk negara-negara tetangga, memiliki alasan yang baik untuk mempertanyakan ketulusan Australia," papar Zhao.

"Inggris dan AS menggunakan ekspor nuklir sebagai alat permainan geopolitik," imbuh dia. "China akan memantau situasi dengan cermat."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1202 seconds (0.1#10.140)