Nasib Lembah Panjshir Hari Ini: Direbut Taliban tapi Perlawanan Terus Berlanjut

Rabu, 08 September 2021 - 07:16 WIB
loading...
A A A
“Kami memberikan jaminan penuh kepada orang-orang terhormat Panjshir bahwa mereka tidak akan didiskriminasi,” ujar Mujahid, juru bicara kelompok tersebut.

“Mereka semua adalah saudara kita, dan kita akan mengabdi pada negara dan tujuan bersama,” papar dia.

Taliban mengambil alih sebagian besar Afghanistan dengan kecepatan yang mencengangkan setelah penarikan sebagian besar pasukan Amerika.

Setelah berbulan-bulan pertempuran sengit dan memakan korban yang mengerikan, pasukan keamanan Afghanistan yang dilatih AS menyerah hingga para militan akhirnya merebut Kabul pada 15 Agustus.

Dalam apa yang tampaknya merupakan upaya mencoba dan mempertahankan mantan tentara Afghanistan, Mujahid mengatakan, “Mantan pasukan yang terlatih dan profesional harus direkrut.”

Namun, kantong-kantong perlawanan di Afghanistan tetap ada, terutama di utara, di mana Taliban telah lama bentrok dengan kelompok paramiliter lainnya.

Pada akhir Agustus, sekelompok mantan pejuang mujahidin dan pasukan komando Afghanistan mengatakan mereka telah memulai perang perlawanan di Panjshir.

Daerah terjal sekitar 70 mil utara Kabul, Panjshir, dengan pegunungan dan lembah terjal, telah menyediakan perlindungan bagi para pemberontak sejak pendudukan Soviet.

Taliban dalam beberapa hari terakhir melaporkan membuat keuntungan melawan pasukan perlawanan dan membunuh beberapa pemimpin senior, termasuk Dashti.

Ahmad Zia Kechkenni, saudara laki-laki Dashti, mengatakan dalam wawancara pada Senin bahwa juru bicara itu “telah mati syahid karena membela rakyat dan negaranya, Afghanistan.”
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1297 seconds (0.1#10.140)