Kapal Induk Baru Korsel Berpotensi Seperti HMS Queen Elizabeth Versi Mini

Sabtu, 04 September 2021 - 15:13 WIB
loading...
Kapal Induk Baru Korsel Berpotensi Seperti HMS Queen Elizabeth Versi Mini
Desain kapal induk baru untuk Korea Selatan yang ditawarkan Hyundai Heavy Industries mirip kapal induk Inggris HMS Queen Elizabeth. Foto/Hyundai Heavy Industries
A A A
SEOUL - Kapal induk yang hendak dibangun Korea Selatan (Korsel)berpotensisepertikapal induk Inggris, HMS Queen Elizabeth , versi mini. Itu bisa terwujud jika Seoul memilih kontraktor pertahanan Inggris; Babcock International, sebagai mitra untuk proyek kapal baru Seoul.

Hyundai Heavy Industries (HHI) pada pekan ini menandatangani nota kesepahaman dengan Babcock International untuk bekerja sama merancang dan membangun CVX baru, kapal induk ringan Korea Selatan.



"Kemitraan ini untuk menggabungkan teknologi inti dari kedua perusahaan untuk memenangkan pesanan untuk desain dasar kapal induk ringan dan untuk membangun kapal," bunyi pernyataan HHI.

"Hyundai Heavy Industries dan Babcock telah berhasil menyelesaikan desain konseptual, tahap pertama desain kapal pada tahun lalu," lanjut pernyataan tersebut, seperti dikutip CNN, Sabtu (4/9/2021).

Babcock merancang dan membangun kapal induk kelas Queen Elizabeth untuk Inggris dan beroperasi di Busan, kota pelabuhan selatan Korea Selatan. Perusahaan tersebut, dalam sebuah pernyataan, mengaku merakit peralatan untuk program Angkatan Laut Korea Selatan.

Menurut HHI, sejak memulai proyek kapal khusus pada tahun 1975, Hyundai telah merancang dan membangun total 90 kapal perang dan kapal selam, termasuk kapal perusak berpeluru kendali kelas Aegis pertama Korea Selatan, Sejong, dan fregat generasi berikutnya, Incheon.

Namun, kesepakatan HHI dan Babcock bukan berarti bahwa pasangan perusahaan tersebut akan mendapatkan kontrak dari militer Korea Selatan. Raksasa industri negara, Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering (DSME), masih menjadi pesaing kuat.

Konsep desain kapal Hyundai, pertama kali terungkap pada eksposisi awal musim panas ini, menampilkan kemiripan yang luar biasa dengan HMS Queen Elizabeth dari Inggris.

Video promosi animasi perusahaan tentang desain kapal menunjukkan jalur lepas landas ski-jump untuk jet tempur siluman F-35, pulau kembar dan dua lift pesawat di kedua sisi dek penerbangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0941 seconds (0.1#10.140)