Penasihat Militer Senior Khamenei Meninggal, Diduga Akibat COVID-19

Sabtu, 04 September 2021 - 06:56 WIB
loading...
Penasihat Militer Senior Khamenei Meninggal, Diduga Akibat COVID-19
Mayor Jenderal Hassan Firouzabadi memberikan sambutan dalam pertemuan antara Pemimpin Tertinggi Iran Ali Khamenei dan komandan militer Iran di Teheran pada 2014 lalu. Foto/Al Arabiya/Khamenei.ir
A A A
TEHERAN - Seorang penasihat militer senior untuk pemimpin spiritual tertinggi Iran telah meninggal karena sakit. Sejumlah outlet media domestik lainnya menghubungkan kematian pejabat militer tertinggi negara itu akibat COVID-19.

Kantor berita IRNA, yang melaporkan kematian tersebut, tidak merinci penyebab pasti kematian Hassan Firouzabadi yang berusia 70 tahun. Kantor berita domestik Iran lainnya, termasuk ISNA dan Fars, melaporkan bahwa Firouzabadi meninggal karena COVID-19 seperti dikutip dari Al Arabiya, Sabtu (4/9/2021).

Firouzabadi dipromosikan ke pangkat mayor jenderal dan diangkat sebagai kepala staf angkatan bersenjata Iran pada tahun 1968 oleh Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei . Pengangkatan itu menjadikannya pejabat militer Iran dengan pangkat tertinggi setelah pemimpin tertinggi, meskipun tidak pernah bertugas di salah satu pasukan militer Iran.



Dia mempertahankan posisi itu hingga 2016, setelah itu dia ditunjuk oleh Khamenei sebagai penasihat senior pemimpin tertinggi.

Dia juga anggota Dewan Kemanfaatan, yang memberi nasihat kepada Khamenei.

Firouzabadi berada di bawah sanksi Uni Eropa dan Amerika Serikat (AS) untuk pelanggaran hak asasi manusia.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1075 seconds (0.1#10.140)