Jet Tempur Siluman F-35 AS Tak Bisa Bertahan Seperti yang Diharapkan

Jum'at, 03 September 2021 - 08:26 WIB
loading...
Jet Tempur Siluman F-35 AS Tak Bisa Bertahan Seperti yang Diharapkan
Pesawat jet tempur siluman F-35 Lightning II Lockheed Martin Amerika Serikat. Foto/Air Force Magazine
A A A
WASHINGTON - Peningkatan teknologi rudal selama beberapa tahun terakhir telah membuat jet tempur siluman F-35 Amerika Serikat (AS) tidak dapat bertahan seperti yang diharapkan sebelumnya. Demikian diungkap ketua Komite Angkatan Bersenjata Parlemen Amerika, Adam Smith.

Smith mendorong militer AS lebih banyak investasi dalam platform tak berawak yang lebih kecil daripada jet tempur mahal tersebut.



Berbicara pada acara virtual yang diselenggarakan oleh Brookings Institution, Smith dengan cepat mencatat bahwa F-35 masih lebih dapat bertahan daripada pesawat tempur lain seperti F-16.

“Tapi itu juga memiliki beberapa lingkungan yang tidak akan bisa dimasuki karena seberapa banyak teknologi rudal telah meningkat sejak kami mulai membangunnya,” kata Smith, seperti dikutip Air Force Magazine.

Lockheed Martin, pembuat pesawat tempur siluman generasi kelima, sebelumnya mengeklaim F-35 adalah jet tempur paling mematikan, dapat bertahan, dan terhubung di dunia.

Angkatan Udara AS berencana untuk membeli 1.763 unit pesawat F-35, yang akan menjadikannya armada terbesar di layanan tersebut.

Smith, di sisi lain, tidak merahasiakan ketidaksenangannya dengan program F-35. Pada bulan Maret, dia menyebut pesawat tempur itu sebagai “lubang tikus”, dan pada bulan Juni, dia mengecam biaya pemeliharaan program F-35 yang tinggi.

Masalah survivabilitas, bagaimanapun, menghadirkan tantangan yang berbeda. Di masa lalu, Angkatan Udara mengatakan F-35 telah tampil “sangat baik di lingkungan yang diperebutkan,” dengan tujuan untuk maju menjadi “luar biasa.”

Pada saat yang sama, layanan tersebut juga mengakui bahwa kontrol udara yang luas dalam konflik kelas atas tidak lagi dapat dicapai, sebaliknya bertujuan untuk "jendela superioritas sementara" di "lingkungan ancaman yang sangat diperebutkan."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1795 seconds (0.1#10.140)