Tiga Kapal Induk Barat dan Puluhan Jet Siluman F-35 Berkumpul di Dekat China

Jum'at, 27 Agustus 2021 - 00:16 WIB
loading...
Tiga Kapal Induk Barat dan Puluhan Jet Siluman F-35 Berkumpul di Dekat China
Sebuah jet tempur siluman F-35B mendarat di kapal induk USS America milik Angkatan Laut Amerika Serikat. Foto/Mass Communication Specialist 3rd Class Jonathan D. Berlier/US Navy Photo
A A A
OKINAWA - Tiga kapal induk Barat yang membawa dua model pesawat jet tempur siluman F-35 yang berbeda telah berkumpul di perairan sekitar Okinawa, sebuah perairan Jepang yang dekat dengan China .

Kelompok tempur tiga kapal induk, dengan dua dari Amerika Serikat (AS) dan satu dari Inggris, adalah salah satu formasi angkatan laut paling kuat yang muncul di mana saja selama bertahun-tahun.



Tidak sulit untuk memahami waktu dan lokasinya. Angkatan Laut China dalam beberapa pekan terakhir telah berlatih invasi terhadap Taiwan. Ketiga kapal induk itu adalah peringatan—bahwa serangan terhadap demokrasi pulau itu dapat memiliki konsekuensi yang mendalam.

Mengutip laporan Forbes, Kamis (26/8/2021), ketiga kapal induk bertemu dari arah yang berbeda. HMS Queen Elizabeth, kapal induk berbahan bakar konvensional Angkatan Laut Kerajaan Inggris, bersama dengan kapal-kapal pengawalnya dari Inggris, Amerika dan Belanda selama beberapa minggu telah melintasi Pasifik Barat.

Kapal induk sepanjang 919 kaki dengan dua skuadron jet tempur siluman F-35B—satu dari Angkatan Udara Kerajaan dan satu lagi dari Korps Marinir AS—berangkat dari Inggris untuk pelayaran perdananya pada bulan Mei. Kapal itu berlayar melalui Mediterania dan melintasi Samudra India untuk mencapai Pasifik melalui Selat Singapura.

USS America adalah kapal induk AS pertama yang bergabung dengan HMS Queen Elizabeth. USS America, sebuah kapal serbu amfibi 844 kaki dengan pembangkit tenaga konvensional, berfungsi sebagai kapal induk ringan ketika dia membawa satu atau dua skuadron jet tempur F-35B. Ia berlayar dari Jepang, biasanya ditemani kapal perusak dan kapal amfibi lainnya dari Armada ke-7 AS.

USS America dan HMS Queen Elizabeth menghabiskan minggu lalu untuk saling mengisi bahan bakar F-35 dalam apa yang disebut latihan “cross-decking”. “Interaksi ini menunjukkan betapa cepat dan mulusnya AS dan Inggris dapat menyatukan kekuatan udara gabungan kami dan menjalankan operasi penerbangan yang sangat rumit dan berkelanjutan hingga efek
mematikan yang menghancurkan,” kata Kapten Ken Ward, seorang nakhoda USS America.

Kapal induk bertenaga nuklir yang berbasis di San Diego, USS Carl Vinson, membawa skuadron jet tempur siluman F-35C yang diluncurkan dengan sistem ketapel, mendekati USS America dan HMS Queen Elizabeth dari timur pada hari Rabu.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1663 seconds (0.1#10.140)