Biden Sebut Evakuasi Kabul 'Sukses Luar Biasa' Meski Dikecam Sana-sini

Rabu, 01 September 2021 - 05:15 WIB
loading...
Biden Sebut Evakuasi Kabul Sukses Luar Biasa Meski Dikecam Sana-sini
Presiden AS Joe Biden. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menggambarkan evakuasi Kabul yang kacau balau sebagai “keberhasilan luar biasa” yang “tidak pernah dilakukan oleh negara mana pun sepanjang sejarah.”

Pernyataan itu muncul seiring pasukan AS terakhir yang meninggalkan Afghanistan setelah serangan bom bunuh diri di bandara Kabul.

“Tadi malam di Kabul, AS mengakhiri perang 20 tahun di Afghanistan, perang terpanjang dalam sejarah Amerika,” ungkap Biden kepada para wartawan, hampir sehari setelah pesawat AS terakhir lepas landas dari Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul.



Mundurnya AS dari Afghanistan tidak hanya menandai berakhirnya perang itu, menurut Biden, tetapi juga mengakhiri era operasi militer “untuk membentuk kembali negara-negara lain.”



Setelah 20 tahun, lebih dari satu triliun dolar, dan dengan mengorbankan hampir 2.500 nyawa orang Amerika, operasi untuk membentuk kembali Afghanistan gagal.



Invasi pimpinan AS itu berakhir dengan Taliban kembali berkuasa setelah pemerintah Afghanistan yang didukung AS melarikan diri dari Kabul dua pekan lalu.

Yang lebih memalukan, Tentara Nasional Afghanistan yang didanai AS itu kalah sebelum serangan Taliban, seringkali tanpa melakukan perlawanan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1413 seconds (0.1#10.140)