Aljazair Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Maroko

Rabu, 25 Agustus 2021 - 12:04 WIB
loading...
Aljazair Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Maroko
Aljazair putuskan hubungan diplomatik dengan Maroko. Foto/Al Jazeera
A A A
ALJIR - Aljazair memutuskan hubungan diplomatik dengan Maroko , dengan alasan tindakan bermusuhan yang ditunjukkan oleh tetangganya itu telah membuat hubungan kedua negara bersitegang selama beberapa dekade.

Berbicara pada konferensi pers di Aljir, Menteri Luar Negeri Aljazair Ramdane Lamamra menuduh Maroko menggunakan spyware Pegasus terhadap pejabatnya, mendukung kelompok separatis dan gagal dalam komitmen bilateral, termasuk dalam masalah Sahara Barat.

"Kerajaan Maroko tidak pernah menghentikan tindakan permusuhannya terhadap Aljazair," katanya, mengumumkan penghentian segera hubungan diplomatik kedua negara.

"Konsulat di setiap negara, bagaimanapun, akan tetap buka," tambahnya seperti dikutip dari Reuters, Rabu (25/8/2021).



Kementerian Luar Negeri Maroko mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan di media sosial bahwa pihaknya menyesali apa yang disebutnya sebagai keputusan yang tidak dapat dibenarkan. Mereka juga mengatakan akan tetap menjadi mitra yang kredibel dan setia bagi rakyat Aljazair.

Sementara perbatasan antara dua kekuatan Afrika Utara itu telah ditutup sejak tahun 1994, hubungan diplomatik keduanya belum terputus sejak dipulihkan pada tahun 1988 setelah perselisihan sebelumnya.

Maroko telah mengatakan selama bertahun-tahun bahwa mereka ingin perbatasan dibuka kembali. Aljazair mengatakan harus tetap tutup untuk alasan keamanan.

Pekan lalu Aljazair mengatakan kebakaran hutan yang mematikan adalah pekerjaan dua kelompok yang dicap teroris, termasuk kelompok MAK yang mencari kemerdekaan untuk wilayah Kabylie dan yang menurut Aljazair didukung oleh Maroko, tanpa menunjukkan bukti.

Aljazair menarik duta besarnya bulan lalu setelah seorang diplomat Maroko di New York menyerukan agar rakyat Kabylie memiliki hak untuk menentukan nasib sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2436 seconds (0.1#10.140)