Diancam Sanksi, Tanker Liberia Batal Kirim Minyak Iran ke Venezuela

Jum'at, 29 Mei 2020 - 22:27 WIB
loading...
Diancam Sanksi, Tanker Liberia Batal Kirim Minyak Iran ke Venezuela
AS berhasil mengganggu pengiriman minyak Iran ke Venezuela. Foto/Ilustrasi
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat berhasil menghentikan pengiriman minyak Iran ke Venezuela setelah mengancam akan memberikan sanksi kepada kapal tanker yang mengangkut minyak tersebut.

"Dua kapal berbendera Liberia milik Yunani yang dalam perjalanan ke Venezuela membawa bahan bakar Iran, membatalkan pengiriman mereka setelah AS mengancam menjatuhkan sanksi," kata seorang pejabat senior AS kepada Fox News, Jumat (29/5/2020).

Pertama kali dilaporkan oleh The Wall Street Journal, kapal-kapal itu diharapkan tiba di Venezuela sebagai pengiriman terakhir dalam pengiriman lima tanker minyak yang sebelumnya direncanakan. Pengiriman minyak ini sebut pemerintah Venezuela sebagai upaya kemitraan untuk menggagalkan sanksi AS. (Baca: Kapal Tanker Minyak Iran Ketiga Tiba di Perairan Venezuela )

"Tanker minyak Iran yang tiba di Venezuela hanyalah gangguan dari masalah nyata yang dihadapi Maduro," kata juru bicara Departemen Luar Negeri AS kepada Fox News.

"Pengiriman ini tidak akan melakukan apa pun untuk membantu rakyat Venezuela, mereka hanya akan membantu menopang ezim Maduro untuk sementara saja," imbuhnya.

Kapal-kapal milik Yunani diancam tidak akan dapat mengakses perbankan internasional dan asuransi maritim seandainya mereka melakukan pengiriman.

Para pejabat AS telah berkomunikasi langsung dengan kapal-kapal itu, yang tidak lagi menuju ke Venezuala tetapi menuju ke selatan di lepas pantai Senegal dekat Liberia, menurut The Wall Street Journal.

Kelompok Aksi Iran Departemen Luar Negeri AS dilaporkan menghubungi pemerintah Liberia, tempat kedua kapal terdaftar, untuk memperingatkan mereka terhadap sanksi. Pemerintah Liberia kemudian segera mencabut akreditasi kapal tersebut.

Dua perusahaan Yunani yang memiliki kapal-kapal itu juga diancam dengan sanksi dan tindakan hukum oleh AS, di mana kedua kapal itu akhirnya membatalkan pengiriman, menurut The Wall Street Journal.

AS telah meningkatkan upayanya dalam menekan kedua negara dengan sanksi. (Baca: AS Ancam Gunakan Kekuatan Militer Hentikan Tanker Iran ke Venezuela )
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0908 seconds (0.1#10.140)