Senator Sebut 30.000 Tentara AS di Taiwan, Pakar China: Ini Deklarasi Perang

Minggu, 22 Agustus 2021 - 05:01 WIB
loading...
Senator Sebut 30.000 Tentara AS di Taiwan, Pakar China: Ini Deklarasi Perang
Tentara mengendarai mobil militer melintasi bendera Taiwan saat latihan di Hsinchu, Taiwan tengah, 27 Januari 2010. Foto/REUTERS
A A A
TAIPEI - Senator Amerika Serikat (AS) sekaligus anggota Komite Intelijen Senat John Cornyn di media sosialnya mengungkapkan AS memiliki 30.000 tentara yang ditempatkan di Taiwan .

Pernyataan Cornyn itu sangat mengejutkan banyak pihak, termasuk China. Para pakar China mengatakan jika kabar ini benar, itu adalah invasi militer dan pendudukan Taiwan, setara dengan AS menyatakan perang terhadap China.



“Jika tweet itu benar, China dapat segera mengaktifkan Undang-Undang Anti-Pemisahan untuk menghancurkan dan mengusir pasukan AS di Taiwan serta menyatukan kembali Taiwan secara militer,” ungkap para ahli.



Dalam tweet tersebut, Senator AS John Cornyn mencantumkan jumlah pasukan AS yang ditempatkan di Korea Selatan, Jerman, Jepang, Taiwan, dan di benua Afrika untuk menunjukkan bagaimana jumlah tentara AS berkurang di Afghanistan.



Namun dalam prosesnya, Cornyn mengungkapkan berita mengejutkan bahwa ada 30.000 tentara AS di pulau Taiwan.



Tweetnya menimbulkan gelombang keraguan di kalangan netizen dengan banyak komentar di bawah tweetnya, "Kenapa AS masih memiliki pasukan di Taiwan”.

Ada juga yang berkomentar, "Jadi tentara AS memiliki divisi rahasia di Taiwan."

Netizen lain mengatakan, "Cornyn pasti salah mengira nomornya."

Ada juga yang berkomentar, "Ini seharusnya sebelum 1979."

Sebagai senator senior dari Texas, yang pernah menjadi Cambuk Mayoritas Senat Partai Republik untuk Kongres ke-114 dan ke-115, dan sekarang menjadi anggota Komite Intelijen Senat AS, Cornyn seharusnya mengetahui data intelijen militer pemerintah AS.

“Dengan demikian, kemungkinan AS menyembunyikan 30.000 tentara di Taiwan tidak dapat dikesampingkan, dan ada kemungkinan rahasia itu secara tidak sengaja dibocorkan politisi senior AS ini,” ungkap pengamat China.

Seperti yang diketahui, AS telah menjaga komunikasi militer dengan Taiwan, termasuk penjualan senjata dan pelatihan militer.

Terlepas dari kontroversi dan komentar terus-menerus di bawah tweetnya, Cornyn tidak melakukan koreksi apa pun dan belum menghapus tweetnya pada waktu konferensi pers.

"Departemen Pertahanan Taiwan membuat bantahan ringan pada Selasa, dengan mengatakan tweet itu salah dan tidak akan mengomentarinya,” ungkap laporan portal media yang berbasis di Taiwan, SETN.com.

China dan AS menjalin hubungan diplomatik pada 1979 dengan syarat AS menghentikan hubungan resmi dengan Taiwan dan menarik semua Angkatan Darat AS dari pulau itu.

“Menyembunyikan 30.000 tentara secara diam-diam di Taiwan akan sangat melanggar perjanjian diplomatik China-AS, sangat melanggar hukum internasional, dan bahkan hukum domestik AS,” ujar pakar China yang mengkhususkan diri pada pernyataan Taiwan, mengatakan kepada Global Times dengan syarat anonim.

"Saya akan memilih untuk tidak percaya ini adalah kasus yang sebenarnya," ungkap Song Zhongping, ahli militer China dan komentator televisi, mengatakan kepada Global Times pada Selasa.

“Jika AS benar-benar secara rahasia menempatkan 30.000 tentara di pulau Taiwan, AS sebagai kekuatan eksternal mengganggu urusan dalam negeri China yang melanggar Undang-Undang Anti-Pemisahan China. Ini akan memicu konflik militer antara kedua negara,” papar Song.

“China dengan tegas menentang keterlibatan personel militer AS dalam urusan Taiwan, atau tentara AS yang menginjakkan kaki di Taiwan atau meluncurkan segala jenis kerja sama militer dengan tentara Taiwan,” ungkap Song.

Beberapa pengamat mengatakan jika data ini benar, itu sama saja dengan invasi militer dan pendudukan Taiwan, dan tindakan menyatakan perang terhadap China.

Mereka telah mendesak pemerintah AS dan otoritas Taiwan untuk mengklarifikasi tweet Cornyn.

Jika AS benar-benar memiliki pasukan yang ditempatkan di Taiwan, bahkan jika jumlahnya kecil, itu akan menjadi masalah serius yang telah merusak garis batas.

“Pasukan AS itu harus segera mundur dan tanpa syarat, dan pemerintah AS serta otoritas Taiwan harus secara terbuka meminta maaf atas hal ini,” pungkas para pengamat.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1564 seconds (0.1#10.140)