AS Selama Ini Dikibuli, Banyak ‘Tentara Hantu' di Militer Afghanistan

Sabtu, 21 Agustus 2021 - 16:09 WIB
loading...
A A A
Tapi SIGAR menyoroti masalah lain yakni maraknya "tentara hantu". "Efek korosif korupsi di dalam ANDSF, terdapat tentara dan polisi hantu, yang tidak lain adalah catatan personel palsu yang digunakan aktor korup untuk mengantongi gaji mereka," papar laporan SIGAR.

Meskipun disebut sistem biometrik telah diperkenalkan untuk menyingkirkan tentara hantu atau tentara fiktif yang sebenarnya tidak ada, ada ketidakcocokan besar antara daftar tentara dan sepatu bot yang sebenarnya di lapangan.

“Taliban, di sisi lain, memiliki perkiraan 60.000 pejuang inti, kurang atau lebih 10-20%,” papar laporan West Point yang menambahkan studi 2017 telah, bagaimanapun, “Menyimpulkan bahwa total tenaga kerja Taliban melebihi 200.000 individu, yang termasuk 90.000 anggota milisi lokal lainnya, dan puluhan ribu fasilitator dan elemen pendukung."

“Taliban dipandang sebagai kekuatan tempur yang secara teknis kurang canggih daripada pemerintah Afghanistan, serta tidak memiliki angkatan udara, artileri berat, armada kendaraan lapis baja,” ungkap laporan West Point.

Tetapi kekuatan Taliban mungkin terletak pada kenyataan bahwa Taliban adalah kekuatan yang lebih ramping daripada ANDSF yang sangat bergantung pada pendanaan asing untuk infrastruktur dan perangkat keras militer.

Kini, dengan Taliban yang berkuasa, peralatan militer AS pun jatuh ke tangan Taliban. Laporan SIGAR mengatakan, “Di mana tentara Afghanistan telah melarikan diri dari serangan Taliban, mereka meninggalkan peralatan yang dipasok AS, yang kemudian ditunjukkan Taliban di media sosial sebagai propaganda untuk menggembar-gemborkan kemenangannya, termasuk helikopter tentara AS.”

Pengumuman penarikan pasukan AS disambut dengan peluncuran serangan Taliban yang tak henti-hentinya yang melihat gerilyawan menyerbu "banyak pos pemeriksaan ANDSF, pangkalan, dan pusat distrik".

Laporan SIGAR mengutip para jenderal militer AS yang mengatakan, "Kerugian medan dan kecepatan hilangnya medan itu harus diperhatikan."

Ketua Kepala Staf Gabungan AS Jenderal Mark Milley yang mengatakan pada 21 Juli bahwa. “Sementara momentum strategis tampaknya semacam dengan Taliban. Saya tidak berpikir permainan akhir belum ditulis.”

Namun, situasi di lapangan mungkin tidak mendukung optimisme sang jenderal. Bahkan jelas kini bahwa seluruh informasi intelijen AS, Jerman, Inggris dan negara-negara NATO salah total mengenai kekuatan militer Afghanistan dan kemampuan Taliban di lapangan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1668 seconds (0.1#10.140)