Militer AS: Pecahan Drone dari Serangan Kapal Tanker Israel Mengarah ke Iran

Sabtu, 07 Agustus 2021 - 20:01 WIB
loading...
Militer AS: Pecahan Drone dari Serangan Kapal Tanker Israel Mengarah ke Iran
Kapal tanker minyak Mercer Street yang diserang di lepas pantai Pelabuhan Fujairah. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Pecahan drone yang ditemukan dari serangan terhadap kapal tanker minyak Israel di lepas pantai Oman menunjukkan Iran berada di balik insiden itu.

Pernyataan sumber militer Amerika Serikat (AS) itu dilansir The Wall Street Journal.

“Foto-foto bagian drone dan analisis kedekatan serangan itu dengan Iran, serta kecanggihan serangan menunjukkan keterlibatan Iran,” papar laporan Komando Pusat AS (CENTCOM), yang mengawasi operasi militer di Timur Tengah dan Afghanistan.



“Puing-puing, yang ditemukan di dan dekat dengan kapal tanker yang rusak, identik dengan (komponen dalam) sistem serangan satu arah tak berawak Iran yang sebelumnya diidentifikasi,” ungkap laporan itu.



“Penggunaan UAV (drone) 'kamikaze' serangan satu arah yang dirancang dan diproduksi Iran adalah tren yang berkembang di wilayah ini. Mereka secara aktif digunakan Iran dan proksi mereka melawan pasukan koalisi di wilayah tersebut, termasuk target-target di Arab Saudi dan Irak,” papar laporan itu.



Tuduhan rinci, berdasarkan temuan penyelidik dari kapal induk AS, USS Ronald Reagan, setelah kunjungan ke kapal MV Mercer Street, juga menyebutkan kedekatan serangan itu ke Iran.

“Jarak dari pantai Iran ke lokasi serangan berada dalam jangkauan UAV (kendaraan udara tak berawak) serangan satu arah Iran yang didokumentasikan,” ungkap laporan Komando Pusat AS.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)