PM Selandia Baru Minta Maaf atas Insiden Imigrasi 1970 pada Penduduk Pasifik

Selasa, 03 Agustus 2021 - 04:38 WIB
loading...
PM Selandia Baru Minta Maaf atas Insiden Imigrasi 1970 pada Penduduk Pasifik
Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern mengajukan permintaan maaf atas tindakan keras imigrasi pada tahun 1970-an terhadap penduduk Kepulauan Pasifik. Foto/Ist
A A A
WELLINGTON - Perdana Menteri Selandia Baru , Jacinda Ardern mengajukan permintaan maaf atas tindakan keras imigrasi pada tahun 1970-an terhadap penduduk Kepulauan Pasifik. Insiden itu dikenal sebagai Dawn Raid atau Serangan Fajar.

Pada awal 1970-an, ketika Selandia Baru menderita krisis ekonomi dan pengangguran, pihak berwenang melakukan penggerebekan pagi hari di rumah, dan tempat kerja orang-orang dari Kepulauan Pasifik yang telah memperpanjang masa berlaku visa mereka.

Operasi tersebut mengakibatkan deportasi individu ke negara asal mereka dan penuntutan terhadap ribuan penduduk Kepulauan Pasifik.

“Saya mewakili pemerintah Selandia Baru untuk menyampaikan permintaan maaf resmi dan tanpa pamrih kepada komunitas Pasifik atas penerapan diskriminatif undang-undang imigrasi tahun 1970-an yang menyebabkan peristiwa Dawn Raids,” ucapnya.

“Pemerintah menyatakan kesedihan, penyesalan, dan penyesalannya bahwa Serangan Fajar dan pemeriksaan polisi secara acak terjadi dan bahwa tindakan ini pernah dianggap tepat,” sambung Ardern, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (3/8/2012).

Sebagai bagian dari upacara tradisional Samoa, di mana orang-orang meminta pengampunan atau menerima pengampunan, tubuh Ardern ditutupi dengan tikar oleh beberapa menteri dan anggota parlemen di Balai Kota Auckland.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1276 seconds (0.1#10.140)