Perempuan Afganistan Takut Taliban Berkuasa: Jadi Budak Seks, Mustahil Jadi Presiden

Senin, 02 Agustus 2021 - 11:52 WIB
loading...
Perempuan Afganistan Takut Taliban Berkuasa: Jadi Budak Seks, Mustahil Jadi Presiden
Para militan Taliban menyerahkan senjata setelah bergabung dengan program rekonsiliasi dan reintegrasi pemerintah Afghanistan, di Herat. Foto/REUTERS/Mohammad Shoiab/File Photo
A A A
KABUL - Para perempuan Afghanistan menceritakan ketakutan mereka jika kelompok Taliban kembali berkuasa di negara itu. Mereka takut jadi korban perbudakan seksual dan kebebasan akan hilang, termasuk maju sebagai calon presiden dalam pemilu.

Ketakutan mulai muncul ketika pasukan asing pimpinan Amerika Serikat (AS) akan meninggalkan Afghanistan pada akhir Agustus nanti dan Taliban merebut banyak wilayah dengan cepat.



Ketidakpastian atas keadaan pembicaraan damai antara kelompok pemberontak tersebut dan pemerintah di Kabul menjadi sebuah pertanyaan kritis tentang nasib kebebasan perempuan Afghanistan dan hak-hak yang diperoleh dengan susah payah.

Setelah bertahun-tahun disubordinasi, perempuan Afghanistan datang untuk menikmati kebebasan yang belum pernah terjadi sebelumnya di tahun-tahun setelah 2001 ketika pasukan asing pimpinan AS menggulingkan rezim Taliban. Sebelum tahun itu, Taliban telah memberlakukan pembatasan keras terhadap kebebasan sipil, melarang perempuan mengenyam pendidikan dan melarang sebagian besar pekerjaan di luar rumah.

Dengan tidak adanya Taliban, perempuan Afghanistan telah memegang posisi kunci di berbagai lembaga negara, mencalonkan diri sebagai presiden, dan telah menjabat sebagai anggota parlemen, menteri, dan duta besar. Partai-partai yang memerintah tidak menentang prinsip-prinsip dasar demokrasi seperti kesetaraan gender dan kebebasan berekspresi.

Oleh karena itu, hengkangnya pasukan asing terakhir yang tersisa merupakan sumber kecemasan dan ketegangan yang cukup besar bagi warga kelas menengah dan perempuan berpendidikan di daerah perkotaan Afghanistan. Mereka takut bahwa kembalinya kekuasaan Taliban akan merampas kebebasan yang mereka nikmati saat ini.

“Semua orang sekarang takut. Kami semua khawatir tentang apa yang akan terjadi,” kata Nargis, 23, manajer toko pakaian Aryana yang baru dibuka di Kabul, kepada Arab News yang dilansir Senin (2/8/2021).

“Orang-orang telah menyaksikan satu era gelap Taliban. Jika mereka datang lagi, tentu mereka tidak akan mengizinkan perempuan bekerja, dan saya tidak akan berada di tempat saya hari ini.”

Nargis memiliki gelar dalam jurnalisme, tetapi karena lonjakan serangan yang ditargetkan pada pekerja media dalam beberapa tahun terakhir, dia memutuskan dia tidak dapat mengambil risiko melanjutkan profesinya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1224 seconds (0.1#10.140)