Peringatan China Tak Digubris, Kapal Perang Inggris Masuki Laut China Selatan

Selasa, 27 Juli 2021 - 20:48 WIB
loading...
Peringatan China Tak Digubris, Kapal Perang Inggris Masuki Laut China Selatan
Helikopter Wildcat Angkatan Laut Inggris menjatuhkan suar di atas kapal perang HMS Defender saat berada di Mediterania Mei lalu. Foto/The Drive
A A A
LONDON - Kapal perang Angkatan Laut Inggris , HMS Defender, dilaporkan telah memasuki Laut China Selatan untuk operasi kebebasan navigasi. Sebelumnya, Beijing telah memperingatkan London bahwa mereka akan mengambil tindakan untuk menjaga kedaulatan dan keamanannya di wilayah yang diperebutkan.

Hal itu berdasarkan sistem identifikasi otomatis (AIS) yang dikutip oleh media Inggris yang dinukil Sputnik, Selasa (27/7/2021).

Kapal Type 45 Destroyer itu adalah bagian dari kelompok tempur CSG 21 HMS Queen Elizabeth yang baru-baru ini ambil bagian dalam Latihan Konkan.

Latihan terakhir itu melibatkan kapal Angkatan Laut Inggris dan Angkatan Laut India yang terlibat dalam sejumlah latihan maritim. Setelah latihan, kelompok serang kapal induk terpecah sebagian, dengan beberapa kapal menuju Laut China Selatan yang disengketakan, mengabaikan peringatan yang dikeluarkan Beijing sebelumnya.



Laut China Selatan, dengan cadangan hidrokarbon yang signifikan termasuk Kepulauan Paracel dan Spratly, telah lama menjadi sumber ketegangan bagi China dan tetangganya di tengah sengketa perbatasan laut perairan tersebut. China, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Brunei semuanya memiliki klaim yang sama.

Beijing mengklaim hampir semua wilayah Laut China Selatan seluas 1,3 juta mil persegi sebagai wilayah kedaulatannya.

Bulan lalu, Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab memperingatkan Beijing bahwa armada Inggris, yang dipelopori oleh kapal baru HMS Queen Elizabeth - yang digambarkan sebagai "bendera" angkatan laut Inggris - akan memasuki Laut China Selatan.

"Benar sekali kami menjalankan dan membela hak, dan kami melakukannya dari laut teritorial Ukraina ke Laut China Selatan," kata Raab kepada komite urusan luar negeri parlemen.

Kelompok tempur kapal Angkatan Laut Inggris akan melakukan kunjungan ke lima pelabuhan Jepang pada bulan September, kata para pejabat selama kunjungan Menteri Pertahanan Ben Wallace ke Tokyo. Saat dia menggembar-gemborkan misi kelompok tempur Indo-Pasifik pada akhir April, Menteri Pertahanan Wallace menekankan bahwa mereka akan mengibarkan bendera Global untuk Inggris.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)