Taliban Serukan Presiden Afghanistan Digulingkan

Sabtu, 24 Juli 2021 - 00:36 WIB
loading...
A A A
Dia mengatakan Taliban saat ini tidak memiliki rencana untuk melakukan serangan militer di Kabul mengingat sebagian besar keberhasilan teritorial mereka datang dari negosiasi dan bukan pertempuran.

"Distrik-distrik yang telah jatuh ke tangan kami dan pasukan militer yang telah bergabung dengan kami adalah melalui mediasi rakyat, melalui pembicaraan," ujarnya.

"Mereka (tidak jatuh) melalui pertempuran...akan sangat sulit bagi kami untuk merebut 194 distrik hanya dalam delapan minggu," akunya.

"Anda tahu, tidak ada yang tidak menginginkan perang saudara, termasuk saya," tambahnya.

Taliban menguasai sekitar setengah dari 419 pusat distrik Afghanistan tetapi belum merebut salah satu pun dari 34 ibu kota provinsi. Shaheen mengatakan Taliban sengaja "menahan diri" untuk tidak melakukannya tetapi memperingatkan mereka bisa melakukannya dengan senjata yang mereka peroleh.

Dalam wawancara itu, Shaheen juga membantah laporan lain tentang kekerasan di distrik-distrik yang direbut, termasuk video yang tampaknya menunjukkan pembunuhan Taliban terhadap pasukan komando yang ditangkap dan laporan bahwa kelompok itu mengancam wartawan yang bekerja di Afghanistan.



Dia berpendapat bahwa rekaman itu palsu, tetapi mencatat bahwa beberapa komandan Taliban telah diadili di pengadilan militer dan dihukum karena mengabaikan perintah baru terhadap kekerasan.

Dia juga mengklaim bahwa Taliban tidak mengeluarkan surat kepada wartawan yang berisi ancaman, terutama kepada mereka yang bekerja untuk media asing.

"Mereka dapat melanjutkan pekerjaan mereka bahkan di masa depan," kata Shaheen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1320 seconds (0.1#10.140)