Beli Sarung Tangan Jacko, Inggris Sanksi Putra Presiden Guinea Equatorial

Jum'at, 23 Juli 2021 - 00:48 WIB
loading...
Beli Sarung Tangan Jacko, Inggris Sanksi Putra Presiden Guinea Equatorial
Inggris menjatuhkan sanksi kepada putra presiden Guinea Equatorial karena menyalahgunakan uang jutaan dolar untuk sarung tangan Michael Jackson. Foto/Kolase/Sindonews
A A A
LONDON - Inggris menjatuhkan sanksi kepada putra presiden Guinea Equatorial karena menyalahgunakan uang jutaan dolar dan membelanjakannya untuk rumah mewah, jet pribadi, serta sarung tangan Michael Jackson yang bertatahkan kristal senilai Rp3,9 miliar.

Kementerian Luar Negeri Inggris mengatakan Teodoro Obiang Mangue, putra dan wakil presiden Teodoro Obiang Nguema Mbasogo, berpartisipasi dalam pengaturan kontrak yang korup dan meminta suap, untuk mendanai gaya hidup mewah yang tidak sesuai dengan gaji resminya sebagai menteri pemerintah.

Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengumumkan sanksi baru Inggris terhadap Obiang dan empat orang lain yang terlibat dalam "korupsi serius" di Zimbabwe, Venezuela, Irak, dan Guinea Equatorial.

"Tindakan yang kami ambil hari ini menargetkan individu-individu yang telah memenuhi kantong mereka sendiri dengan mengorbankan warga negara mereka," kata Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.



"Inggris berkomitmen untuk memerangi penyakit korupsi dan meminta pertanggungjawaban mereka yang bertanggung jawab atas efek korosifnya," ia menambahkan.

“Korupsi menguras kekayaan negara-negara miskin, membuat rakyatnya terjebak dalam kemiskinan dan meracuni sumur demokrasi,” tukasnya seperti dikutip dari Sky News, Jumat (23/7/2021).

Inggris akan memberlakukan pembekuan aset dan larangan perjalanan terhadap lima individu untuk memastikan mereka tidak lagi dapat menyalurkan uang mereka melalui bank Inggris atau memasuki negara tersebut.

Obiang diketahui membeli sebuah mansion senilai Rp1,4 triliun di Paris, jet pribadi senilai Rp550 miliar, lusinan kendaraan mewah - di antaranya Ferrari, Bentley dan Astons Martins - serta koleksi memorabilia Jackson, termasuk sebuah sarung tangan bertatahkan kristal yang dikenakan oleh mendiang penyanyi yang akrab disapa Jacko itu selama tur Bad-nya pada 1980-an.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1111 seconds (0.1#10.140)