Terus Bertambah, Korban Tewas Banjir Eropa Capai 160 Jiwa

Minggu, 18 Juli 2021 - 08:23 WIB
loading...
Terus Bertambah, Korban Tewas Banjir Eropa Capai 160 Jiwa
Sebuah rumah hancur di terjang banjir di Erftstadt-Blessem, Jerman. Foto/AP/Michael Probst
A A A
BERLIN - Petugas penyelamat bekerja keras untuk menangani kerusakan saat air mulai surut ketika jumlah korban tewas akibat banjir di Jerman dan sejumlah negara Eropa barat naik lebih dari 160. Kini perhatian beralih ke pekerjaan panjang untuk membangun kembali komunitas yang hancur dalam hitungan menit.

Korban tewas di negara bagian Rhineland-Palatinate Jerman barat, rumah bagi daerah Ahrweiler yang terkena dampak parah, naik menjadi 98 jiwa. Sedangkan 43 orang lainnya dipastikan tewas di negara bagian Rhine-Westphalia Utara yang berdekatan. Pusat krisis nasional Belgia mengatakan jumlah kematian yang dikonfirmasi di negara itu naik menjadi 27 jiwa seperti dikutip dari AP, Minggu (18/7/2021).

Hujan deras berhari-hari mengubah sungai-sungai kecil dan jalan-jalan menjadi aliran deras minggu ini dan menyebabkan banjir besar yang menyapu mobil-mobil, melanda rumah-rumah dan menjebak penduduk.

Pasca banjir melanda pada hari Rabu dan Kamis, pihak berwenang Jerman membuat daftar orang hilang yang jumlahnya cukup besar. Namun itu sebagian besar tampaknya disebabkan oleh kesimpangsiuran informasi, berbagai kesulitan pelaporan dan komunikasi yang terkena dampak banjir di mana listrik dan layanan telepon putus di beberapa lokasi.

Pada hari Sabtu, pihak berwenang masih khawatir menemukan lebih banyak jasad korban, namun mengatakan jumlah yang tidak terhitung telah turun terus menerus tanpa memberikan angka yang spesifik. Di Belgia, 103 orang dinyatakan hilang pada Sabtu kemarin. Tetapi pusat krisis mengatakan ponsel yang hilang atau mati serta korban yang dibawa ke rumah sakit tanpa identitas yang tidak sempat menghubungi kerabatnya diyakini menjadi faktor tingginya dalam penghitungan itu.



Sementara itu, air banjir yang surut memudahkan akses di sebagian besar wilayah yang terkena dampak dan mengungkapkan tingkat kerusakan.

“Banyak orang telah kehilangan semua yang mereka habiskan untuk membangun hidup mereka – harta benda mereka, rumah mereka, atap di atas kepala mereka,” kata Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier setelah bertemu dengan petugas penyelamat dan sejumlah pihak lainnya di kota Erftstadt.

"Hanya mungkin untuk menyelesaikan dalam beberapa minggu berapa banyak kerusakan yang perlu dikompensasikan," imbuhnya.

Steinmeier mengatakan bahwa orang-orang di daerah yang terkena bencana membutuhkan dukungan berkelanjutan.

“Banyak orang di sini di daerah ini tidak memiliki apa-apa selain harapan mereka, dan kita tidak boleh mengecewakan harapan ini,” ujarnya.

Di Erftstadt, sebuah kota di barat daya Cologne, upaya penyelamatan yang mengerikan terjadi pada hari Jumat ketika tanah di wilayah itu longsor. Setidaknya tiga rumah dan bagian dari sebuah rumah besar di distrik kota Blessem runtuh.

Militer Jerman menggunakan kendaraan lapis baja untuk membersihkan mobil dan truk kewalahan oleh air banjir di jalan terdekat, beberapa di antaranya setidaknya sebagian terendam. Para petugas khawatir bahwa beberapa orang tidak berhasil melarikan diri di Erftstadt, tetapi tidak ada korban yang dikonfirmasi pada Sabtu sore.



Di daerah Ahrweiler, polisi memperingatkan potensi risiko dari kabel listrik yang putus dan mendesak pengunjung yang penasaran untuk menjauh. Mereka mengeluh di Twitter bahwa calon turis memblokir beberapa jalan.

Sekitar 700 orang dievakuasi dari bagian kota Wassenberg di Jerman, di perbatasan Belanda, setelah jebolnya tanggul di sungai Rur.

Mengunjungi Erftstadt bersama Steinmeier, gubernur Rhine-Westphalia Utara Armin Laschet berjanji untuk mengatur bantuan bagi mereka yang terkena dampak langsung dalam beberapa hari mendatang. Dia mengatakan otoritas regional dan federal akan membahas dalam beberapa hari mendatang bagaimana membantu upaya pembangunan kembali. Kabinet Kanselir Angela Merkel berencana untuk membahas masalah ini pada hari Rabu mendatang.

“Kami akan melakukan segalanya agar apa yang perlu dibangun kembali dapat dibangun kembali,” kata Laschet.

Di Belgia timur, banyak jalur kereta api dan jalan tetap diblokir.

Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen dan Perdana Menteri Belgia Alexander De Croo mengunjungi kota-kota yang dilanda banjir pada Sabtu kemarin.

Seorang penduduk kota Belgia Herk-de-Stad mengatakan dia tidak tidur untuk mencoba mengosongkan rumahnya dari air.

"Kami telah memompa sepanjang malam mencoba mengeluarkan air dari rumah," kata Elke Lenaerts kepada stasiun televisi VTM.

Beberapa bagian dari Belanda selatan juga mengalami banjir besar, meskipun ribuan penduduk diizinkan untuk kembali ke rumah setelah dievakuasi pada Kamis dan Jumat.

"Pertama, ada korona, sekarang banjir, dan segera orang harus bekerja untuk pembersihan dan pemulihan," ujar Perdana Menteri sementara Belanda Mark Rutte, yang mengunjungi wilayah itu pada hari Jumat.

“Ini adalah bencana demi bencana demi bencana. Tapi kami tidak akan meninggalkan Limburg,” provinsi selatan yang dilanda banjir," tambahnya.

Pemerintahnya telah menyatakan banjir sebagai keadaan darurat, membuka dana nasional untuk mereka yang terkena dampak.



Di antara upaya lain untuk membantu para korban banjir, tempat pembuatan bir Hertog Jan, yang berbasis di daerah yang terkena dampak, membagikan 3.000 peti bir sehingga penduduk setempat dapat mengangkat barang-barang mereka dari tanah untuk melindungi mereka dari banjir.

Tanggul darurat di kota Horn tidak bisa bertahan dan beberapa rumah terendam. Pihak berwenang mengeluarkan peringatan untuk menjauh dari Sungai Maas karena puing-puing. Tim penyelamat bekerja untuk menyelamatkan seekor sapi yang terjepit lehernya di air berlumpur.

Di ujung lain Jerman, terjadi banjir pada Sabtu malam menyusul hujan deras di daerah Saechsische Schweiz dekat Dresden dan di seberang perbatasan di Republik Ceko.

Jalan, ruang bawah tanah, dan rel kereta api banjir, mengganggu layanan kereta api antara kota Decin di Ceko dan Bad Schandau, Jerman. Sebuah kamp musim panas untuk anak-anak di sisi Ceko harus dievakuasi.

Di Austria, banjir bandang melanda kota Hallein, dekat perbatasan Jerman, Sabtu malam. Kanselir Sebastian Kurz mengatakan di Twitter bahwa hujan lebat dan badai menyebabkan kerusakan serius di beberapa bagian Austria.

“Saya berterima kasih kepada semua responden pertama dan sukarelawan yang melakukan segala yang mereka bisa untuk membantu! Kami tidak akan membiarkan mereka yang terkena dampak sendirian dan akan mendukung rekonstruksi,” tulisnya.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1922 seconds (0.1#10.140)