Air Mulai Surut, Korban Tewas Banjir Eropa Tembus 150 Jiwa

Sabtu, 17 Juli 2021 - 14:23 WIB
loading...
Air Mulai Surut, Korban Tewas Banjir Eropa Tembus 150 Jiwa
Puing-puing rumah dan pepohonan mengelilingi rumah-rumah di Schuld, Jerman, Jumat (16/7/2021). Korban tewas akibat banjir yang melanda Jerman dan sejumlah negara di Eropa barat tembus 150 jiwa. Foto/AP/Michael Probst
A A A
BERLIN - Jumlah korban tewas akibat bencana banjir Jerman dan di sejumlah negara Eropa barat meningkat di atas 150 pada Sabtu (17/7/2021) ketika petugas penyelamat bekerja keras untuk membersihkan puing-puing kehancuran dan mencegah kerusakan lebih lanjut.

Polisi mengatakan bahwa lebih dari 90 orang sekarang diketahui telah tewas di daerah Ahrweiler di Jerman barat, salah satu daerah yang paling parah dilanda bencana, dan dikhawatirkan lebih banyak lagi korban. Pada hari Jumat, pihak berwenang menyatakan korban tewas 63 orang untuk negara bagian Rhineland-Palatinate, tempat Ahrweiler berada.

Sedangkan 43 orang lainnya dipastikan tewas di negara bagian Rhine-Westphalia Utara, negara bagian terpadat di Jerman. Media Belgia RTBF melaporkan bahwa jumlah korban tewas di Belgia naik menjadi 27 pada hari ini seperti dikutip dari AP.



Pada hari ini, air tampak surut di sebagian besar wilayah yang terkena dampak banjir. Meski begitu, para pejabat khawatir akan lebih banyak mayat yang ditemukan di mobil dan truk yang hanyut.

Presiden Jerman Frank-Walter Steinmeier berencana untuk melakukan perjalanan ke Erftstadt, barat daya Cologne, di mana upaya penyelamatan yang mengerikan dilakukan pada hari Jumat ketika orang-orang terjebak saat tanah longsor dan rumah mereka runtuh. Para pejabat khawatir bahwa beberapa orang tidak berhasil melarikan diri, tetapi pada Sabtu pagi tidak ada jumlah korban yang dikonfirmasi.

Hingga hari ini, masih banyak daerah tanpa listrik dan layanan telepon.



Selain Jerman dan Belgia yang terparah, bagian selatan Belanda juga dilanda banjir besar. Hujan lebat di Swiss juga telah menyebabkan beberapa sungai dan danau meluap, dengan pihak berwenang di kota Lucerne menutup beberapa jembatan penyeberangan di atas sungai Reuss.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2030 seconds (0.1#10.140)