Konflik Makin Memanas, Afghanistan Tuduh Pakistan Sokong Taliban

Sabtu, 17 Juli 2021 - 14:57 WIB
loading...
A A A
“Bahkan hari ini, Pakistan akan paling terkena dampak dari kerusuhan di negara tetangga,” kata PM Khan.

Kementerian Luar Negeri Pakistan ikut menolak tuduhan dari Kabul. "Islamabad mengambil langkah-langkah yang diperlukan di dalam wilayahnya untuk melindungi pasukan dan penduduk kita sendiri," kata kementerian tersebut.

“Pihak Afghanistan menyampaikan kepada Pakistan niatnya untuk melakukan operasi udara di dalam wilayahnya di seberang Sektor Chaman Pakistan. Pakistan menanggapi secara positif hak Pemerintah Afghanistan untuk bertindak di wilayahnya,” kata kementerian itu.



Perang kata-kata baru-baru ini pecah bahkan ketika PM Khan mengundang 30 pemimpin Afghanistan, termasuk Presiden Ghani, ke sebuah konferensi internasional di Islamabad untuk membawa perdamaian ke negara yang dilanda perang itu.

Pada hari Jumat, Pakistan menunda konferensi tiga hari yang akan diadakan di Islamabad selama akhir pekan setelah diminta oleh Ashraf Ghani.

Sementara itu, Abdullah Abdullah, kepala Dewan Tinggi untuk Rekonsiliasi Nasional Afghanistan, mengatakan delegasi Afghanistan yang akan bertemu dengan Taliban di Doha akhir pekan ini adalah tim inklusif dan mewakili seluruh Afghanistan.

"Masih ada peluang untuk perdamaian meskipun pertempuran sengit yang sedang berlangsung antara pasukan pemerintah dan Taliban di berbagai bagian negara," kata Abdullah.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1854 seconds (0.1#10.140)