Cerita Warga Afrika Selatan Menentang Kerusuhan: 'Saya Lihat Kehancuran, Saya Menangis'

Kamis, 15 Juli 2021 - 10:31 WIB
loading...
A A A
Presiden Afrika Selatan Cyril Ramaphosa bertemu secara online Rabu dengan para pemimpin partai politik Majelis Nasional untuk mendesak semua bekerja sama untuk memulihkan ketertiban.

"Ramaphosa melakukan konsultasi dengan berbagai sektor masyarakat untuk mengembangkan respons masyarakat luas,” kata Tyrone Seale, pelaksana tugas (Plt) juru bicara presiden.

“Presiden mengatakan kehancuran yang disaksikan oleh bangsa melukai semua orang Afrika Selatan, tidak hanya mereka yang berada di daerah yang terkena dampak,” katanya. “Dan itu paling menyakitkan bagi orang miskin, orangtua, dan orang yang rentan.”

Di pusat perbelanjaan Diepkloof Soweto, pemilik bisnis menilai kerusakan.

"Ini seperti diperkosa," kata Thandi Johnson, melihat tokonya; TWJ Events Supply, yang sehari sebelumnya dijarah oleh perusuh. "Dan kemudian Anda melihat pemerkosa berjalan melewati Anda," katanya sambil menunjuk ke arah warga yang lewat.

“Dua belas tahun saya telah mengerjakan bisnis ini dan itu hancur dalam satu hari,” katanya, gemetar karena marah ketika dia melihat di mana dia telah menjual balon dan dekorasi untuk pesta anak-anak dan acara lainnya.

“Mereka mendorong saya ke samping,” katanya tentang para perusuh. “Saya memohon kepada mereka bahwa saya adalah salah satu dari mereka, tetapi mereka datang begitu saja dan mengambil semuanya. Lihat!" katanya sambil menunjuk ke rak-rak kosong. “Saya tidak datang ke sini dengan kereta api, saya orang Sowetan! Saya lahir di sini.”

Johnson mengatakan dia khawatir asuransi tidak akan menutupi kerugiannya karena asuransinya tidak menanggung untuk kekerasan politik. "Saya akan selesai," katanya.

Di dekatnya, sekelompok pemuda sedang menyapu pecahan botol bir dan sampah di depan toko minuman keras yang telah dijarah sehari sebelumnya.

“Kami berusaha menjadi pemuda yang membawa harapan kembali ke negara kami,” kata Thando Matsepe, 24, dari Zodwa Khoza Foundation, sebuah kelompok pengembangan pemuda.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)