Takut Dieksekusi Taliban, Satu Keluarga Afghanistan Terdampar di Bandara Turki

Rabu, 14 Juli 2021 - 22:47 WIB
loading...
Takut Dieksekusi Taliban, Satu Keluarga Afghanistan Terdampar di Bandara Turki
Satu keluarga Afghanistan terdampar di Bandara Turki karena takut dihukum mati oleh Taliban jika kembali ke negara mereka. Foto/CBS News
A A A
ANKARA - Amerika Serikat (AS) telah mengakhiri perang 20 tahun di Afghanistan , tetapi tampaknya penarikan pasukan Amerika semakin membuat Taliban kembali ke posisi berkuasa. Seiring langkah pemberontak merebut kembali wilayah pada tingkat yang mengkhawatirkan, ribuan warga Afghanistan - yang takut pengambilalihan militer oleh kelompok fundamentalis Islam itu - mencari cara untuk melarikan diri dari negara mereka.

Bagi sebagian besar tidak ada jalan keluar, dan bahkan bagi mereka yang memiliki kemampuan, jalan menuju perlindungan masih jauh dari jelas. Satu keluarga berhasil keluar dari Afghanistan hanya untuk menemukan diri mereka terjebak di bandara tanpa tujuan, dan tidak ada tawaran bantuan.

Farshad, yang hanya ingin menggunakan nama depannya, telah terdampar di bandara internasional di Istanbul, Turki dengan 15 anggota keluarganya, termasuk dua anak dan tujuh wanita, sejak mereka melarikan diri dari Afghanistan pada 22 Juni lalu. Keputusan untuk mengeluarkan seluruh keluarga dari Afghanistan dibuat setelah Taliban membunuh salah satu kerabat Farshad di kota selatan Herat.

Keluarga tersebut memutuskan untuk menjual rumah mereka dan membeli tiket pertandingan kejuaraan sepak bola Euro 2020 di Rusia. Rencananya adalah sampai di sana dan kemudian meminta suaka. Namun keluarga tersebut mengatakan bahwa mereka dilarang naik ke penerbangan lanjutan mereka ke Rusia di Istanbul dan diancam akan dideportasi oleh polisi perbatasan Turki dan pejabat maskapai.

“Kartu masuk kami kedaluwarsa dan kami tidak dapat membeli makanan. Kami hampir tidak menemukan susu untuk anak berusia 2 tahun (dan ketika kami melakukannya) itu membuatnya sakit,” kata Farshad seperti dikutip dari CBS News, Rabu (14/7/2021).



Meski tidak dapat melanjutkan perjalanan, mereka menolak untuk dipulangkan ke Afghanistan karena takut akan keselamatan nyawa mereka di bawah Taliban. Keluarga itu pun dibiarkan terdampar di bandara. Mereka menghabiskan 16 hari di terminal sebelum pihak berwenang memindahkan mereka ke fasilitas penahanan.

"Kami 16 warga Afghanistan yang terjebak di bandara selama 17 hari. Kami tinggal di sini tanpa makanan, air atau susu untuk bayi kami. Kami memiliki orang sakit, dan tidak ada yang membantu kami dengan perawatan," kata salah satu perempuan anggota keluarga itu dalam sebuah video yang dibagikan dengan CBS News minggu lalu.

"Kami melarikan diri dari Afghanistan karena situasi yang mengancam jiwa dengan Taliban. Kami berada dalam bahaya dan di bawah ancaman pembunuhan dan kematian. Kami tidak akan kembali ke Afghanistan, dan kami menginginkan perlindungan," imbuhnya.

Dalam video lain yang dikirim oleh keluarga, seorang wanita muda terlihat berbaring di kursi bandara, jelas merasa tidak nyaman.

"Dia kesakitan di bandara internasional Turki," kata seorang kerabat laki-laki. "Tidak ada yang peduli," sambungnya.

"Dia kesakitan lebih dari 10 hari, dan tidak ada yang merawatnya, dan kami tidak bisa berbuat apa-apa. Kami tidak memiliki akses ke obat-obatan dan perawatan medis," kata pria yag lain.



Tidak jelas apa yang diderita wanita itu, tetapi dia tampaknya berjuang untuk bernapas dalam video itu. Video lain menunjukkan dia berjuang untuk berjalan menyusuri lorong bandara dekat kamar mandi, dibantu oleh anggota keluarga yang lebih tua.

Pada hari Rabu CBS News tidak dapat lagi menghubungi keluarga itu, yang telah memutuskan harapan terbaik mereka adalah untuk mengajukan suaka di Turki, melalui telepon.

Farshad bekerja dengan Badan Pembangunan Internasional AS dari 2018 hingga dia melarikan diri, dan beberapa anggota keluarganya bekerja dengan organisasi asing lainnya yang mendukung hak-hak perempuan serta korban perang - sebuah pekerjaan yang dapat menempatkan mereka pada risiko pembalasan dari Taliban.

Farshad mengatakan kepada CBS News bahwa di pusat penahanan, keluarga itu dipisahkan menjadi dua kamar. Para pria di satu kamar dan wanita di kamar lain dan mereka dipisahkan selama tiga hari.

"Kami ingin pemerintah Turki memberi kami perlindungan internasional, baik di Turki atau negara lain mana pun kecuali Afghanistan," kata Farshad.

"Jika mereka mengirim kami kembali ke Afghanistan, itu akan membuat domba menjadi serigala lapar - hukuman mati," tukasnya.

Kementerian Dalam Negeri Turki belum menanggapi permintaan CBS News untuk mengomentari tawaran suaka untuk keluarga Afghanistan yang malang itu, atau keadaan atau keberadaan mereka saat ini.

Anggota keluarga lainnya, di Amerika Serikat, mengirim CBS News tautan ke pernyataan pemerintah provinsi Istanbul yang mengkonfirmasi kedatangan 16 warga Afghanistan pada 22 Juni. Dikatakan bahwa mereka telah ditolak melakukan perjalanan ke Rusia karena kekurangan visa Rusia, dan permohonan suaka mereka di Turki sedang diproses dalam ruang lingkup hukum Turki.

Kerabat di AS mengatakan 16 anggota keluarga itu telah dipindahkan ke kamp penahanan terpisah, yang lebih mirip penjara bagi mereka, dan pihak berwenang Turki telah mengambil barang-barang pribadi mereka.

Keluarga Farshad tidak ingin disebutkan namanya karena takut berbicara dengan media dapat memengaruhi upaya mereka untuk mendapatkan suaka di Turki.

Sejak Presiden Joe Biden mengumumkan rencana penarikan penuh pasukan AS dari Afghanistan pada 1 Mei, gerilyawan Taliban telah membuat kemajuan yang signifikan, termasuk di provinsi Herat, tempat keluarga Farshad berasal. Hanya sekitar 650 tentara Amerika yang tersisa di negara itu, membantu mengamankan Kedutaan Besar AS dan bandara internasional di Kabul, tetapi tidak lagi terlibat dalam pertempuran dengan Taliban.

Para pejabat Afghanistan telah melukiskan gambaran suram tentang situasi tersebut kepada CBS News. Mereka mengatakan negara itu bisa jatuh ke dalam perang saudara skala penuh jika penyelesaian politik tidak tercapai antara pemerintah dan kelompok militan.

Taliban telah merebut lebih banyak distrik penting di seluruh negeri dalam beberapa pekan terakhir, dan mereka juga telah mengepung ibu kota provinsi. Mereka menguasai beberapa penyeberangan perbatasan dengan negara tetangga pekan lalu, termasuk satu di Herat. Polisi perbatasan Afghanistan yang menjaga pos itu melarikan diri melintasi perbatasan ke Iran untuk perlindungan saat para militan bergerak maju.

Pada hari Senin, Finlandia menghentikan sementara semua deportasi pengungsi Afghanistan kembali ke negara asal mereka, dengan alasan situasi yang tidak stabil di Afghanistan.

"Untuk saat ini, kami tidak membuat keputusan yang mengarah pada deportasi ke Afghanistan," kata pejabat imigrasi Finlandia kepada kantor berita Reuters.

"Kami tidak bisa mengatakan seperti apa situasi seseorang yang kembali ke daerah tertentu," jelasnya.

Keputusan itu diambil sehari setelah Kementerian Pengungsi dan Repatriasi Afghanistan mengeluarkan perintah resmi kepada negara-negara Eropa untuk berhenti mendeportasi warga negara Afghanistan kembali ke negara itu, dengan alasan meningkatnya kekerasan oleh kelompok teroris Taliban di negara itu dan penyebaran gelombang ketiga COVID-19.

Pihak kementerian mengatakan telah berkonsultasi dengan lembaga pemerintah Afghanistan lainnya dan menganggap situasi saat ini di negara itu tidak kondusif untuk pemulangan paksa migran Afghanistan sampai situasi keamanan membaik, dan dengan demikian melarang repatriasi paksa dari Eropa setidaknya selama tiga bulan.



Pemerintah AS saat ini bekerja untuk mengevakuasi sekitar 18.000 penerjemah Afghanistan dan lainnya yang membantu upaya Amerika dalam perang di negara itu, bersama dengan anggota keluarga mereka, dalam operasi pengangkutan udara yang kompleks. Pemerintahan Biden mengatakan pihaknya juga akan menawarkan ribuan visa tambahan bagi perempuan Afghanistan yang mungkin menjadi sasaran Taliban.



Selama briefing untuk wartawan di Jenewa pada hari Selasa, juru bicara badan pengungsi PBB memperingatkan krisis kemanusiaan yang membayangi di Afghanistan di tengah meningkatnya kekerasan.

Juru bicara UNHCR Babar Baloch mengatakan sekitar 270.000 warga Afghanistan telah terpaksa meninggalkan rumah mereka, menjadi pengungsi internal, sejak Januari saja, terutama karena ketidakamanan dan kekerasan menjadikan total populasi tercerabut menjadi lebih dari 3,5 juta.
(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1608 seconds (0.1#10.140)